• Home
  • Hosting Terbaik Indonesia 2020 Berdasarkan Fitur, Kecepatan & Uptime

Hosting Terbaik Indonesia 2020 Berdasarkan Fitur, Kecepatan & Uptime

hosting terbaik

Berikut ini daftar hosting terbaik Indonesia di tahun 2020 yang saya tinjau berdasarkan kecepatan, uptime dan keseimbagan antara harga, fitur dan kapasitasnya.

Terdapat lebih dari 50 layanan hosting yang dikenal di Indonesia, hanya beberapa yang benar-benar seimbang dalam memenuhi kriteria diatas.

Berikut daftar hosting-hosting tersebut.

1. Niagahoster

hosting murah indonesia

Niagahoster saat ini melayani 52.000 lebih website. Pebisnis, UKM, perusahaan, pelajar, politikus dan artis mempercayakan website mereka kepada Niagahoster. Mereka tidak salah tempat karena Niagahoster memang memberi layanan dengan performa yang prima.


Niagahoster adalah web hosting terbaik karena memenuhi beberapa kriteria penting seperti tersedianya berbagai fitur pendukung pengelolaan website, keamanan bagi website pengguna, customer service, dan tentu saja harganya. 


Niagahoster memiliki uptime yang masuk akal, yaitu 99.99%. Niagahoster menyediakan fitur keamanan yang lengkap bagi website dan dengan harga yang sangat terjangkau. Paket termurah dimulai dari Rp 254.000/tahun


Niagahoster digunakan oleh pelajar, pebisnis, perusahaan, pribadi dan artis. Jika kecepatan website, keamanan website, dan kemudahan penggunaan hosting penting bagi Anda, Niagahoster adalah pilihan yang terbaik.


Yang didapat dari layanan Niagahoster:


  • Kecepatan website optimal dengan 99.99% uptime
  • Fitur hosting dan keamanan yang mumpuni
  • Harga sangat sesuai dengan fitur, kapasitas dan layanan secara keselurahan

Kunjungi Niagahoster. Dibawah saya juga sertakan review niagahoster secara lebih lengkap.

2. IDWebHost

web hosting terbaik

IDWebHost adalah perusahaan web hosting pelopor di Indonesia dengan lokasi server Indonesia di 3 kota, menghasilkan kinerja bagus pada website. Meski demikian ada kekurangan beberapa fitur yang perlu diketahui sebelum menggunakannya.


IDWebhost adalah sebuah hosting Indonesia yang telah memberikan layanan sejak 2004. IDWebhost menjadi perusahan hosting pelopor bagi pebisnis online di Indonesia.


Kinerjanya sampai saat ini terbilang meningkat dan semakin banyak orang Indonesia yang menjadi klien IDWebhost. 


IDWebHost dengan jaminan uptime yang tinggi menjamin ke-optimalan kinerja website penggunanya. Harga murah menjadi salah satu tawaran menarik IDWebHost. IDWebHost dapat menjadi pilihan hosting untuk website Anda.


Fitur utama IDWebHost:


  • Kecepatan website optimal
  • Infrastruktur yang baik
  • Variasi harga, variasi paket, variasi fitur

Klik untuk kunjungi IDWebHost. Anda bisa juga baca review lengkap IDWebHost yang saya tulis.

3. Domainesia

webhosting indonesia terbaik

Domainesia adalah Web hosting pendatang baru dengan kinerja sangat bagus. Optimal untuk berbagai jenis website. Harga terjangkau. Domainesia banyak digunakan oleh milenial. Bisa jadi Domainesia juga cocok untuk Anda.


Domainesia baru 11 tahun beroperasi sebagai perusahaan penyedia hosting. Mirip dengan hosting Indonesia lainnya, kecepatan server Domainesia dapat diandalkan.


Domainesia memiliki uptime yang memadai dan dikelola oleh millenial sehingga Domainesia sangat cocok untuk solusi hosting bagi generasi millenial Indonesia. 


Paket hosting Domainesia memiliki harga yang cukup baik. Yang menarik dari Domainesia adalah bahkan dalam paket termurah mereka, Anda bisa membuat 5 website sedangkan di hosting lain biasanya hanya 1 website.


Berbagai kelebihan Domainesia:


  • Kecepatan website yang bagus
  • Tersedia fitur-fitur utama penunjang kinerja website
  • Server yang terbukti memiliki uptime yang bagus

Baca review lengkap Domainesia. Kunjungi Domainesia.

Memilih Hosting Terbaik Indonesia

Saat Anda berencana untuk membuat website, Anda akan segera dihadapkan pada banyak pilihan jasa atau layanan hosting.


Ada banyak penyedia hosting di Indonesia ini, dan semua mengaku sebagai yang terbaik. Hal ini tentu mendatangkan tantangan tersendiri dan bahkan kebingungan.


Untuk dapat menentukan mana yang terbaik, Anda harus benar-benar meneliti secara mendalam layanan hosting yang mengaku terbaik tersebut.


Masalahnya, pastilah Anda tidak punya banyak waktu.


Selain itu, jika Anda bukan orang yang tidak paham tentang teknis hosting, Anda juga akan bingung tentang bagian apanya yg mau dicek dari hosting-hosting tersebut.


Hasilnya, seringkali kita akan memilih dari sisi harganya saja. Mana yang paling murah, itu yang pada akhirnya dipilih.


Atau jika Anda percaya ungkapan ‘ada harga ada kualitas’, bisa jadi Anda memilih hosting yang harganya mahal karena yakin bahwa yang lebih mahal akan lebih bagus.


Tapi tahukah Anda bahwa jika Anda memilih hosting berdasarkan harga, hal ini sangat berisiko? Resiko apa?


Resiko salah memilih layanan hosting. Kenapa ini penting?


Karena dalam dunia hosting, harga tidak menentukan kualitas.


Ada hosting mahal yang tidak berkualitas, ada hosting murah yang berkualitas. 


Dilain sisi ada hosting yang murah tapi sebenarnya tidak standar. Ada hosting yang mahal, tapi sebenarnya terlalu mahal karena fitur dan kapasitasnya tidak memadai.


Jadi bagaimana caranya memilih hosting yang terbaik?

Pilih Hosting Terbaik Indonesia Berdasarkan Tujuan Website

Hosting yang terbaik untuk Anda adalah hosting yang memenuhi tujuan website Anda.

Misalnya Anda ingin membuat toko online, maka hosting yang terbaik bagi Anda adalah hosting yang kapasitasnya dan fitur-fiturnya cocok untuk membuat toko online.

Anda mau nge-blog, maka hosting yang sesuai dengan metode blogging-lah yang Anda butuhkan.

Anda mau membuat website tapi tidak tahu caranya? Maka Anda harus memilih layanan hosting yang menyediakan software pembuatan website untuk orang yang non teknikal.

Anda mau membuat situs web berita? Maka Anda seharusnya memilih hosting yang kapasitasnya menunjang publikasi konten-konten berita.

Hosting Terbaik Indonesia Itu Yang Mana?

Anda pasti tahu tujuan website Anda apa, sekarang tinggal temukan hosting mana yang terbaik untuk tujuan tersebut.

Dalam ulasan saya, ada beberapa hosting Indonesia yang saya rekomendasikan, yaitu Niagahoster, IDWebHost dan Domainesia.

Anda bisa membaca diatas dan saya telah pastikan dari pengalaman saya sendiri bahwa hosting-hosting tersebut dapat memenuhi setiap jenis website dan tujuannya.

Saya tidak mau membuat Anda pusing dengan 10, 15, 20 hosting terbaik Indonesia sesuai urutan seperti yang mungkin Anda sudah pernah baca di website lain.

Pada faktanya, semakin banyak layanan hosting yang Anda baca, Anda akan semakin pusing.

Fakta lainnya adalah, untuk menjalankan website Anda, tidak diperlukan pengetahuan tentang semua layanan hosting di Indonesia ini.

Tiga layanan hosting yang saya sebutkan diatas akan diulas juga dibawah untuk melihat layanan mereka secara mendetail.

Ketiga hosting diatas adalah tiga hosting terbaik Indonesia saat ini. Dengan menggunakan layanan mereka, dapat dipastikan Anda akan mendapatkan layanan hosting yang prima.

Mengapa Niagahoster, IDWebHost dan Domainesia?

Kinerja sebuah layanan hosting dinilai dari beberapa faktor penting seperti uptime-nya, fitur-fiturnya, dan tentu saja harganya.

Niagahoster, hosting urutan pertama yang saya sebutkan diatas, adalah hosting terbaik Indonesia yang paling memenuhi standar-standar tersebut.

Hosting rekomendasi saya yang kedua, yaitu IDWebHost dan Domainesia berada sedikit dibawah Niagahoster.

Paling tidak, saat saya menulis ini, Niagahoster masih menunjukkan data uptime yang cukup prima.

Saya akan update informasi ini andaikata memang kinerja masing-masing hosting ini ada perubahan.

Intinya, dalam konteks pencarian hosting terbaik Indonesia, hosting manapun dari ketiga rekomendasi saya diatas, bisa Anda pilih karena memang hosting-hosting tersebut tidak sembarangan dan telah teruji.

Dengan membaca review yang saya sediakan untuk setiap hosting diatas, Anda akan tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing layanan hosting tersebut.

Saya menulis apa adanya sesuai dengan kenyataannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir saya melebihkan atau mengurangi sesuatu.

Saya menggunakan puluhan jam untuk mengulas masing-masing web hosting yang saya bahas diatas agar saya bisa benar-benar memberikan fakta yang terbuka untuk Anda.

Berikut ulasan dari masing-masing hosting terbaik Indonesia yang saya rekomendasikan diatas.

Niagahoster - Hosting Terbaik Indonesia 2020

web hosting terbaik indonesia

Niagahoster telah beroperasi di Indonesia sejak 2013. Dari sisi bisnis, sampai 2020 ini, tergolong masih sangat muda namun demikian saat ini Niagahoster sedang melayani lebih dari 52.000 pelanggan.

Jadi rata-rata setiap tahun ada sekitar 7400 pelanggan sejak 2013 hingga kini. Para pelanggan ini termasuk pebisnis, perusahaan, politikus, pemilik toko online, artis dan public figur lainnya. 

Berikut ini ulasan saya tentang mengapa Niagahoster merupakan hosting terbaik di Indonesia ditinjau dari fitur-fitur utama sebuah hosting yang akhirnya akan menentukan apakah sebuah website akan bekerja dengan baik atau tidak.

Performa Uptime Tertinggi

Uptime sebuah hosting sama dengan performa hosting itu sendiri. Semakin tinggi persentasi uptime-nya, maka semakin bagus performa hosting tersebut.

Performa hosting menentukan performa website para pengguna hosting tersebut. Jika hosting tersebut sering Down, maka demikian juga dengan website-website yang ditampung dihosting tersebut.

Uptime dari Niagahoster adalah 99.99%. Kebanyakan hosting akan mengatakan bahwa uptime mereka adalah 99.99%.

Pada kenyataaanya, tidak ada hosting yang bisa punya uptime 100%.

Oleh karena itu 99.99% uptime itu sangat bagus. Tidak perlu Anda risaukan tentang hal ini jika Anda menggunakan Niagahoster.

Fitur Keamanan Terkini

Niagahoster menyediakan SSL, yaitu sebuah sertifikat yang wajib diinstal di sebuah domain/website yang gunanya adalah untuk melindungi keamanan dan privasi dari pengguna/pengunjung website tersebut. 

Sebuah website tanpa ada SSL akan mudah disisipi kode2 berbahaya oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mencuri data privasi pengguna website.

Harga SSL cukup mahal, tapi Niagahoster menyediakan SSL untuk Anda secara gratis. Untuk menginstal-nya, jika Anda tidak tahu caranya, Anda cukup meminta bantuan dari customer service Niagahoster.

Fitur Email

Untuk Paket hosting yang termurah, Niagahoster hanya menyediakan 1 email untuk Anda. Ini adalah email yang nantinya berformat dengan nama domain/website Anda. 

Misalnya domain Anda adalah PerformaDigital2021.com, maka anda bisa buat email seperti kontak@performadigital2021.com. Email Anda jadi kelihatan profesional. Namun pada prakteknya, 1 email tidak akan pernah cukup.

Biasanya sebuah website akan memerlukan beberapa email, minimal 2, misalnya utk owner-nya sendiri dan untuk email kontak websitenya.

Karena itu jika Anda mau gunakan layanan Niagahoster untuk keperluan bisnis, perusahaan, atau blog pribadi atau toko online, sangat dianjurkan untuk minimal menggunakan paket Personal.

Jumlah Domain/Website

Untuk paket yang termurah, yaitu paket Bayi, Anda hanya bisa membuat 1 buah website saja. Pada kenyataannya, seringkali sebagai pebisnis atau praktisi Internet, Anda akan butuh untuk membuat lebih dari satu website. 

Misalnya selain website pribadi, Anda punya bisnis juga, dan bisnis Anda perlu sebuah website. Jadi biasanya, sekali Anda punya website, Anda pasti akan punya website-website lainnya. Dalam hal ini paket Bayi tidak bisa mengakomodirnya.

Saran saya, gunakan Paket Personal atau Paket Bisnis. Karena dengan Paket Personal atau Bisnis, tidak dibatasi berapa jumlah website yang ingin Anda buat.

Kapasitas Hosting Yang Mumpuni

Pada paket termurah, hanya tersedia 500 MB saja. Space sekecil ini akan sangat cepat habis. Jika website Anda hanya sebuah website kecil terdiri dari 3 halaman, paket termurah Niagahoster bisa Anda manfaatkan.

Tapi untuk yang serius berbisnis, paket terkecil ini tidak cocok. Gunakan paket Personal atau Bisnis demi kelancaran website Anda mulai dari awal dan seterusnya.

Mengapa gunakan paket Personal atau Bisnis? Jelas karena kapasitas paket ini adalah Unlimited. Anda tidak perlu kuatir kehabisan space.

Lokasi Server

Lokasi server Niagahoster tersedia di Jakarta dan Singapura. Jadi untuk Anda yang lokasi bisnisnya di Indonesia dan pengunjung website kebanyakan akan datang dari Indonesia, Niagahoster sangat cocok untuk keperluan hosting Anda.

Memang jaman sekarang sebenarnya lokasi server tidak terlalu penting lagi mengingat kecepatan loading website dari satu lokasi tertentu bisa dibantu dengan fitur Content Delivery Network.

Saat ini, Content Delivery Network yang paling terdepan adalah Cloudflare. Sayangnya, Niagahoster tidak menggunakan Cloudflare. Itu sebabnya dalam hal ini, dalam penggunaan Niagahoster, memiliki lokasi server di Jakarta sangat penting agar website Anda bisa loading cepat dari seluruh Indonesia.

Migrasi Server Gratis

Jika kebetulan Anda sudah ada hosting saat ini, dan merasa hosting tersebut tidak memadai lagi dan Anda mau beralih ke Niagahoster, maka Anda perlu memindahkan website-website Anda ke Niagahoster.

Proses pindahan ini mirip dengan pindahan rumah: ribet dan melelahkan, kalau dilakukan sendiri. Untungnya untuk migrasi website atau pindahan website ke Niagahoster, semuanya ditanggung oleh Niagahoster. 

Jadi Anda tidak perlu pindahkan sendiri sehingga Anda tidak perlu mengalami keribetan. Layanan ini gratis disediakan Niagahoster.

Layanan CS Yang Prima

Kebanyakan dari kita bukanlah orang yang memiliki skill dalam menggunakan fitur-fitur hosting.

Contohnya seperti migrasi diatas, tanpa punya skill dan pengetahuan tentang server, DNS, database dan lain sebagainya, kita akan kebingungan sewaktu mau migrasi.

Ini hanya salah satu contoh saja. Oleh karena itu, sebuah hosting yang berkualitas, mereka perlu menyediakan layanan support yang hebat juga.

Syukurlah tersedia fitur kirim email dan chat untuk mendapatkan bantuan dari team support Niagahoster. 

Saat Anda ada masalah atau tidak tahu harus bagaimana, saat website Anda rusak dan lain sebagainya, tim support siap membantu. Durasi respon mereka lewat chat adalah 5 menit.

Jadi dalam 5 menit, Anda akan mendapatkan bantuan. Cukup cepat meskipun boleh dibilang tidak terlalu cepat. Contohnya, penyedia hosting luar, BlueHost, membalas chat pengguna mereka dalam waktu 20 detik.

Jika Anda bisa menerima durasi respon 5 menit, maka Anda bisa gunakan Niagahoster.

Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Tersedia cara pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank lewat ATM atau e-banking, Paypal, Indomaret dan Gopay.

Tergolong cukup banyak pilihan metode pembayarannya sehingga memudahkan calon pelanggan membeli paket hosting Niagahoster.

Pilihan Paket Hosting

Tersedia beberapa jenis paket hosting bagi Anda. Uraian dan ulasan berikut berisi keterangan tentang paket hosting Niagahoster dari yang termurah sampai yang termahal, kegunaannnya, cocok untuk siapa, dan rekomendasi saya sendiri tentang paket hosting Niagahoster yang terbaik.

Daftar Paket & Harga Niagahoster

Paket Niagahoster Termurah dan Kegunaannya


Seperti keterangan diatas, paket termurah Niagahoster adalah Paket Bayi, harganya Rp 10.000/bulan, tapi Anda tidak bisa membayarnya bulan demi bulan karena minimal order adalah satu tahun.


Sesuai dengan harganya yang murah, maka demikian juga dengan kapasitas dan fitur-fiturnya. Jadi paket ini cocok untuk mereka yang tidak terlalu serius mengandalkan website sebagai sarana promosi.


Kunjungi Niagahoster Untuk Pesan Paket Bayi

Paket Niagahoster Termahal dan Kegunaannya


Paket termahal Niagahoster adalah Paket Bisnis, sebulannya Rp 85.724 dan Anda harus membayar sekaligus 6 bulan atau satu tahun sejumlah Rp 1.034.800/tahun dengan unlimited space.


Untuk website-website yang memang berpromosi lewat Google Ads, Facebook dan lainnya, Paket Bisnis cocok sekali karena loadingnya cukup cepat sehingga semua visitor yang masuk dari iklan akan mudah membuka website Anda.


Kunjungi Niagahoster Untuk Pesan Paket Bisnis

Paket Niagahoster Yang Saya Rekomendasikan


Bagi kebanyakan dari kita paket Personal adalah paket yang paling saya rekomendasikan. Paket ini multifungsi. Bisa untuk website bisnis, perusahaan, pribadi, blog, toko online dan sebagainya. 


Kapasitasnya juga unlimited dan yang juga penting adalah harganya yang ekonomis. Untuk 1 tahun Anda hanya perlu dana sebesar Rp 637.500 saja.


Kunjungi Niagahoster Untuk Pesan Paket Personal

money back

30 day Guarantee

Risk free

Garansi 30 Hari Uang Kembali

Tersedia 30 hari uang kembali

Apakah Saya Merekomendasikan Niagahoster Untuk Anda?

Ya jelas saya merekomendasikannnya. Fitur mereka lengkap, harganya bagus dan sesuai fitur-fiturnya, garansinya 30 hari uang kembali dan layanan support mereka aktif 24 jam.


Jadi jelas sekali NiagaHoster sangat direkomendasikan untuk Anda para praktisi Internet.

2. IDWebHost - Hosting Terbaik Indonesia?

web hosting murah indonesia

Sesuai namanya, ada inisial ID, yang artinya Indonesia, IDWebHost menargetkan orang Indonesia sebagai pengguna layanan mereka.

Memang IDWebHost adalah salah satu hosting yang tertua di Indonesia, tapi apakah layanan dan fitur-fitur mereka masih update sehingga cocok untuk digunakan sekarang?

Meskipun layanan mereka tergolong baik, ada hal-hal yang perlu diperhatikan juga sehubungan dengan fitur dan layanan mereka.

Uptime Optimal

Seperti hosting bagus lainnya, uptime IDWebHost adalah 99.99%. Jadi jika website Anda dihost di IDWebHost, maka kemungkinan website Anda down akan sangat kecil sekali.

Dari sisi uptime, jangan ragukan keandalan dari IDWebHost. Perlu diketahui juga bahwa performa uptime yang bagus hanya bisa terjadi karena didukung oleh infrastruktur hosting yang kuat dan bagus.

Dalam hal ini, IDWebHost telah membuktikan diri sebagai salah satu penyedia hosting dengan uptime tertinggi di Indonesia.

Keamanan Optimal

Untuk mengamankan website pengguna dari tersisipi kode-kode berbahaya yang berasal dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, IDWebHost memberikan sarana proteksi dengan SSL secara gratis.

Ini adalah hal menguntungkan karena selain website Anda akan aman, tapi juga Anda tidak perlu membayar untuk biaya SSL yang cukup mahal.

Plesk Control Panel

Saat ini, semua hosting modern menggunakan apa yang namanya Cpanel, ini adalah software yang mempermudah orang untuk menggunakan hosting.

Misalnya si pengguna mau membuat email di hosting mereka, maka dengan adanya Cpanel, mereka dapat membuatnya dengan satu klik saja.

Sebelum ada Cpanel, digunakanlah apa yang namanya Plesk. Jadi Plesk adalah versi terdahulu dari Cpanel.

Sayangnya saat ini, IDWebHost belum mengubah software pengatur hosting mereka ke Cpanel. Dengan kata lain, control panel hosting mereka belum terlalu update.

Jika Anda tidak masalah dengan hal ini, Anda bisa gunakan IDWebHost untuk hosting website Anda.

Jumlah Website & Domain

Untuk Paket termurah, yaitu pake Charming, Anda hanya diperbolehkan menampung 1 website saja. 

Jika kebutuhan website Anda lebih dari satu maka yang bisa menampung lebih dari satu website adalah Paket Awesome dan Paket Fantastic.

Kapasitas Hosting

Untuk kapasitas hosting boleh dibilang sangat kecil. Misalnya untuk paket termurah, yaitu Paket Charming, hanya tersedia 400 MB saja dengan harga Rp 298.000/tahun. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan IDWebHost, jangan ambil paket yang termurah karena space-nya tidak akan cukup untuk kebutuhan website pada umumnya.

Sebaliknya gunakan Paket Awesome atau Fantastic karena space-nya lebih besar.

Lokasi Server Indonesia

IDWebHost menyediakan pilihan lokasi server yang terletak di Indonesia dan Amerika. Untuk di Indonesia sendiri servernya ada di Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang.

Kebanyakan hosting Indonesia untuk lokasi server Indonesia-nya biasanya hanya ada di Jakarta atau Yogyakarta saja. Maka ini merupakan kelebihan dari IDWebHost karena servernya ada dilokasi-nya lebih banyak dari hosting lain pada umumnya.

Kemudahan & Gratis Migrasi

Untuk Anda yang harus memindahkan hosting Anda ke IDWebHost, tersedia layanan gratis untuk hal ini. Proses perpindahannya akan dibantu langsung oleh para teknisi IDWebHost.

Dengan bantuan ini, website Anda tidak perlu mengalami downtime karena perpindahan hosting. Selama proses pindah ini, website Anda akan tetap bisa diakses oleh pengunjung.

Layanan CS Bagus

Support IDWebHost tergolong bagus. Tersedia support lewat WhatsApp, Email, dan Chat. Yang tercepat adalah lewat WhatsApp dan Chat. 

Kecepatan respon mereka adalah 5 menit. Artinya, dalam 5 menit masalah Anda akan ditangani.

5 menit kelihatannya cepat, tapi ini sebenarnya agak lambat, tapi di Indonesia tergolong cepat.

Variasi Metode Pembayaran

Tersedia cara pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank lewat ATM atau e-banking, Paypal, Ovo, Sakuku, Alfamart dan Gopay.

Rupanya IDWebHost bekerjasama dengan lebih banyak payment gateway dibandingkan dengan Niagahoster. 

Ini tentu memudahkan Anda untuk membayar. 

Pilihan Paket Hosting

IDWebHost punya banyak pilihan paket hosting. Saya akan mereview dari yang termurah sampai yang termahal.

Masing-masing paket ada peruntukkannya. Jadi ulasan ini untuk membantu Anda untuk jelas dari awal dan tidak salah memilih paket.

Sebagai informasi tambahan, setiap paket IDWebHost tidak bisa dibeli dengan pembayaran bulanan. Minimal pembayaran adalah per 6 bulan.

Daftar Paket & Harga IDWebHost

Paket IDWebHost Termurah dan Kegunaannya


Seperti telah sedikit diulas diatas, paket termurah dari IDWebHost adalah Paket Charming. Untuk rekomendasi saya, paket ini sebaiknya tidak Anda order mengingat banyaknya keterbatasan dari Paket ini.


Terutama jika Anda ingin berpromosi lewat website Anda, maka paket termurah bukanlah paket yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda.

Paket termurah ini hanya cocok untuk yang sedang coba-coba saja. Harga paket ini Rp 9.900 per bulan tapi Anda harus membayar langsung 6 bulan atau setahun menjadi Rp 210.000 untuk 6 bulan dan Rp 298.000/thn.


Kunjungi IDWebHost Untuk Pesan Paket Charming

Paket IDWebHost Termahal dan Kegunaannya


Paket termahalnya adalah Paket Corporate. Untuk pembayaran 1 Tahun langsung adalah Rp 4.678.000. Sangat mahal terutama karena masih ada batasan-batasan. 


Misalnya kapasitasnya hanya 15 GB dan hanya bisa menampung 50 domain. Ini agak tidak masuk akal karena jika Anda punya 50 website dan 1 website kira-kira ukurannya 500MB, Anda butuh space 250GB.

Jadi dengan kata lain, Anda tidak akan bisa membuat 50 website jika memang butuh 50 website dalam paket terbesar ini, artinya Anda harus tambah lagi kapasitasnya dengan upgrade.

Sebagai perbandingan, web hosting terbaik di dunia, BlueHost, dalam paket termurahnya, Rp 950.000 berkapasitas 50 GB.


Kunjungi IDWebHost untuk Pesan Paket Corporate

Paket IDWebHost Yang Saya Rekomendasikan


Sebagai rekomendasi saya, ambil paket yang ditengah-tengah, yaitu Paket Awesome.


Untuk Paket Awesome, pembayaran setahun langsung adalah Rp 598.000, kapasitas 5GB dan dapat membuat maksimal 10 website dalam paket ini. Ini lebih masuk akal.

Dalam paket ini, Anda sudah mendapat semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat website dengan kinerja yang maksimal.


Dari mulai fitur keamanan, email, kecepatan website dan juga supportnya. Paket Awesome cocok untuk kebanyakan jenis website.


Kecuali website Anda adalah website yang dikunjungi ribuan orang per menit, maka Paket Awesome sudah memenuhi kriteria paket hosting yang memadai.


Kunjungi IDWebHost Untuk Pesan Paket Awesome

Tersedia Garansi 30 Hari 100% Uang Kembali

IDWebHost memberi jaminan 30 hari uang kembali. Anda bisa mencoba paket pilihan Anda dalam 30 hari, jika tidak puas bisa dapatkan uang Anda kembali

Apakah Saya Merekomendasikan IDWebHost Sebagai Hosting Terbaik Indonesia?

Untuk Anda yang tidak memerlukan kapasitas besar, artinya hanya perlu 1-2 website saja, saya merekomendasikan IDWebHost.


IDWebHost termasuk hosting terbaik Indonesia dan rata-rata paket mereka punya harga yang bersaing dan support mereka bagus. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan IDWebHost sebagai hosting website Anda.


Oleh karena itu saya lebih merekomendasikan IDWebHost bagi Anda. 

3. Domainesia - Hosting Termurah Terbaik

hosting terbaik indonesia

Domainesia adalah penyedia domain di Indonesia yang juga menyediakan layanan untuk hosting website.

Sebagai penyedia domain seringkali Domainesia menyediakan promo-promo menarik untuk pembelian Domain.

Lalu bagaimana dengan layanan hosting Domainesia itu sendiri?

Sebagai perusahaan yang fokusnya jual domain, ternyata Domainesia memiliki struktur hosting yang sangat bagus.

Ulasan ini akan menjelaskan berbagai kelebihan Domainesia serta beberapa faktor yang juga perlu Anda ketahui sebelum membeli layanan mereka mengingat ini akan menentukan kinerja website Anda nantinya.

Performa Uptime Tinggi

Uptime Domainesia adalah 99.99%. Jadi Anda tidak perlu khawatir apakah website Anda akan selalu online atau malah akan lebih sering mengalami down time.

Terdapat jaminan mutlak dari Domainesia bahwa website Anda akan selalu online dengan tersedianya uptime sampai 99.99%.

Fitur Keamanan Memadai

Sebagai standar keamanan sebuah website, SSL adalah hal wajib yang harus terinstal di website Anda. Harganya cukup mahal.

Namun kabar baiknya, demi keamanan website pelanggan, Domainesia bersedia memberikan SSL secara gratis dan bahkan memberikan juga secara gratis layanan untuk menginstalnya.

Fitur Ketersediaan Email

Untuk Paket yang termurah, Anda diperkenankan membuat sebanyak-banyaknya email profesional dibawah domain Anda.

Biasanya dihosting lain untuk paket termurah hanya boleh 1 email saja. Hosting kenamaan seperti Niagahoster dan IDWebHost pun hanya menawarkan 1 email dalam paket termurah mereka.

Dengan kata lain, tersedianya unlimted email dalam paket termurah adalah hal yang sangat luar biasa

Jadi jika sejak awal Anda butuh hosting yang murah tapi juga bisa buat lebih dari 1 email, Domainesia menjawab kebutuhan Anda.

Ketersediaan Kapasitas Hosting

Kapasitas hosting Domainesia untuk paket yang termurah pun lebih besar dari kebanyakan hosting di Indonesia.

Ini cukup luar biasa karena Niagahoster sebagai hosting nomor satu di Indonesia saja hanya memberikan 500 MB, IDWebHost 400 MB, dan Domainesia mengungguli dengan 750 MB.

Tersedia Server Indonesia

Lokasi server untuk website Indonesia terdapat di Jakarta. Ini bagus karena untuk website-website lokal dibutuhkan server yang ada di Indonesia agar loading menjadi lebih cepat.

Untuk Anda yang punya web Indonesia tapi ingin server di Singapura, Domainesia juga menyediakannya.

Jadi dari lokasi server, Domainesia tidak ada masalah.

Migrasi Harus Bayar

Sayangnya, untuk migrasi hosting, Domainesia tidak gratis. Yang dimaksud dengan migrasi hosting adalah saat manakala Anda ingin pindah hosting dari hosting yang sekarang Anda punya ke Domainesia.

Memang Domainesia menyediakan diskon 25% untuk biaya pindahan ini tapi menurut hemat saya, pindahan seharusnya tanpa biaya atau gratis.

Jika kebetulan Anda mau pakai Domainesia untuk website-website yang sudah online, saya sarankan lebih baik Anda gunakan saja Niagahoster karena gratis dan layanan support mereka baik sekali.

Sedangkan jika Anda belum punya website dan baru mau beli hosting, Anda tidak memerlukan layanan migrasi ini sehingga Anda bisa membeli paket-paket hosting Domainesia.

Migrasi Harus Bayar

Support tersedia lewat email dan chat. Layanan chat Domainesia berlaku 24 jam termasuk akhir pekan.

Hanya ada 3 customer service setiap kalinya. Waktu respon mereka antara 5-10 menit. Tentu saja agak lambat terutama diakhir pekan.

Sebagai perbandingan, Niagahoster dan IDwebHost memiliki waktu respon maksimal 5 menit dan BlueHost, hosting terbaik didunia memiliki waktu respon 20 detik.

Mudah Melakukan Pembayaran

Tersedia cara pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank lewat ATM atau e-banking, Paypal, Indomaret, Ovo, Sakuku, Alfamart, Dana, Linkaja dan Gopay.

Dibandingkan Niagahoster dan IDWebHost, Domainesia memiliki lebih banyak metode pembayaran sehingga semakin banyak pilihan cara bagi Anda untuk membayar.

Pilihan Paket Domainesia

Domainesia memiliki paket hosting yang bervariasi. Memang memilih paket yang paling cocok untuk website Anda tidak selalu mudah karena kadang ada ketidakseimbangan antara kapasitas dan fitur-fitur lainnya.

Jika salah pilih, kinerja website Anda nanti menjadi tidak optimal. Karena itu saya buatkan ulasannya untuk Anda dibawah.

Daftar Paket & Harga Domainesia

Untuk paket yang termurah, yaitu Paket Extra, tersedia 750 MB dengan harga Rp 198.000/tahun. 


Kapasitas ini memang lebih besar dari hosting lainnya tapi bukan artinya lebih bagus mengingat kapasitas 750MB itu tergolong kapasitas yang kecil.


Paket murah dengan kapasitas Kecil biasanya dirancang agar penggunanya pada akhirnya melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi dan lebih mahal.

Misalnya paket termurah ini mengizinkan Anda memilik 5 website. 1 website saja biasanya akan menghabiskan 200-500 MB. Jadi 750 MB hanya bisa untuk 1-3 website saja.

Jika Anda butuh 5 website pada waktunya nanti, Anda harus upgrade. Tapi disisi lain, untuk pengguna yang tidak perlu space besar, paket Extra bisa menjadi solusi ekonomis yang tepat. Jadi tetap ada plus minusnya.


Kunjungi Domainesia Untuk Pesan Paket Extra

Paket termahal Domainesia adalah paket Exa, harganya Rp 7.920.000/tahun. Paket ini memberikan layanan yang cukup maksimal, kecuali dari sisi harganya.


Untuk harga yang tinggi tersebut, Anda hanya diberik kapasitas maks 48GB. Harga yang terlalu tinggi untuk kapasitas yang kecil tersebut.


Sebagai perbandingan, BlueHost, hosting terbaik di dunia, memberikan 50GB untuk paket termurah mereka hanya dengan harga Rp 950.000 saja per tahun dan untuk paket termahal mereka dengan kapasitas tak terbatas serta telah memenuhi segala kriteria hosting terbaik, hanya Rp 1.450.000 saja.


Dari sisi harga, paket Exa kurang berbanding dengan kapasitasnya. Jadi untuk paket ini saya tidak terlalu rekomendasikan, tapi Anda bisa observasi secara detail paket ini jika memang ada fitur khusus yang Anda butuhkan utk proyek website Anda yang kebetulan ada dalam paket Exa.

Paket Domainesia Yang Saya Rekomendasikan


Karena Domainesia memang sebuah hosting yang bagus, diluar paket-paketnya yang kurang kapasitas dan kurang berbanding dengan harga-harganya, saya bisa merekondasikan salah satu paketnya, yaitu paket Mikro, kapasitas 6GB dan harga Rp 990.000/tahun.


Kapasitas 6GB memang tidak terlalu besar, tapi dibandingkan paket lainnya, paket Mikro adalah paket yang paling masuk akal dan paling ekonomis dari sisi bisnis.


Selain itu, untuk berbagai type website, entah Anda mau membuat web perusahaan, website toko online, blog pribadi, website bisnis, forum dan lainnya, paket Mikro bisa memenuhi kebutuhan Anda secara standar.


Kunjungi Domainesia Untuk Pesan Paket Mikro

Domainesia Menyediakan Garansi 10 Hari Uang Kembali 


Ya, Domainesia hanya memberi 10 hari uang kembali. Untuk saya, ini terlalu cepat mengingat biasanya seorang developer website membutuhkan waktu lebih dari 10 hari untuk mengumpulkan bahan-bahan website dan ide design. Belum lagi ditambah kesibukan-kesibukan lainnya.

Jika memang Anda tidak ada masalah dengan 10 hari uang kembali, dan mau coba, silakan. Saran saya tetap gunakan hosting terbaik Indonesia, Niagahoster karena mereka memiliki 30 hari garansi uang kembali.

Apakah Saya Merekomendasikan Domainesia Sebagai Pilihan Hosting Terbaik Indonesia?

Sejujurnya, jika Anda teliti tentang masalah kapasitas, Anda pasti setuju bahwa Domainesia ada kekurangan dalam hal tersebut. Beda kalau kapasitas kecil berbanding dengan harga yang tidak terlalu tinggi, tapi faktanya tidak demikian.


Jadi jika Anda keberatan dengan harga dan kapasitas, lebih baik Anda menggunakan layanan hosting terbaik Indonesia lainnya seperti Niagahoster atau IDWebHost.

Sebaliknya, jika harga dan kapasitas bukan masalah buat Anda, Domainesia tetaplah layanan hosting yang prima dan salah satu hosting terbaik di Indonesia.

Anda bisa fokus pada kinerjanya, bukan kapasitas dan harganya.


Dan perlu diingat juga, garansi mereka dibawah rata-rata hosting pada umumnya, hanya 10 hari. 

Hosting Luar Vs Hosting Indonesia

Jika Anda adalah pemain bisnis online maka kemungkinan besar akan ada saatnya ketika Anda membutuhkan hosting luar

Misalnya mungkin Anda membuat website affiliate berbahasa Inggris, maka Anda membutuhkan hosting yang bukan dari Indonesia mengingat target market Anda adalah orang luar, misalnya orang Amerika Kanada atau orang Inggris.

Atau juga mungkin perusahaan anda mau go-public secara internasional dan perusahaan memutuskan untuk membuat website perusahaan berbahasa Inggris. 

Dikarenakan hal tersebut, sangat penting agar website perusahaan Anda bisa diakses cepat oleh orang-orang di negeri yang berbahasa Inggris.

Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan migrasi ke hosting luar.

Nah sekarang, hosting luar mana yang merupakan hosting terbaik untuk website berbahasa Inggris Anda?

Salah satu hosting yang paling terkenal adalah Bluehost.com. 

Berikut ini perbandingan antara Bluehost dan web dan hosting Indonesia.

Perbandingan Bluehost VS Hosting Indonesia

web hosting indonesia

Bluehost sudah ada di jagat Internet sejak 2003 dan kini melayani lebih dari 3.000.000 website lebih.

Dulu saat di Indonesia belum ada hosting yang memadai, banyak pebisnis online awal-awal menggunakan Bluehost sebagai solusi web hosting mereka.

Sampai saat ini pun Bluehost tetap memimpin dalam industri web hosting.

Saat ini di Indonesia sudah tersedia banyak hosting sehingga Anda mungkin lebih cenderung untuk menggunakan hosting Indonesia atau karena merasa harga hosting di Indonesia lebih murah. 

Tapi apa betul harga hosting di Indonesia lebih murah? Anda bisa terkejut jika benar-benar menelitinya.

Kalau kita bicara mana yang terbaik, kita tidak bisa bantah bahwa Bluehost jauh lebih baik dari hosting Indonesia manapun entah dilihat dari jam terbang, infrastruktur, fitur, keamanan, email, dan harganya (ya betul, dari harganya juga). Mari kita lihat perbandingannya.

Harga Bluehost Lebih Murah Dari Hosting Indonesia

Berikut ini perbandingan antara paket-paket hosting yang setara antara Bluehost dan paket-paket dari penyedia hosting di Indonesia.

Dalam tabel dibawah hosting Bluehost yang unlimited di bandingkan dengan paket-paket hosting Indonesia yang juga unlimited. 

Namun sayangnya ada beberapa hosting Indonesia yang tidak sanggup atau tidak berani memberi kapasitas unlimited sehingga saya perbandingkan dengan paket kapasitas tertingginya.

hosting terbaik indonesia

zoom gambar dengan jari Anda untuk memperbesar

Dilihat dari tabel diatas, terlihat jelas bahwa hanya Niagahoster yang dapat menyaingi BlueHost dari sisi harga per tahun dan harga per dua tahun, sedangkan jika Anda ambil Bluehost sekaligus 3 tahun, harganya akan jauh lebih murah.

Yang saya kasih warna merah adalah paket-paket yang harganya jauh lebih mahal dari Bluehost padahal kapasitasnya jauh dibawah Bluehost.

Harga Bluehost sebenarnya bisa lebih rendah lagi. Kalaupun Anda lihat diatas lebih mahal, ini selisihnya tidak jauh dan harganya juga sangat tergantung kurs $ yg berlaku.

Hitungan Dollar diatas dikurs Rp 15.000 ( pada saat ulasan ini dibuat ).

Sebelumnya, harga Bluehost lebih murah lagi. Dengan Kurs Rp 14.000 harganya adalah Rp 1.167.000/tahun, Rp 2.167.000/2 tahun dan Rp 2.494.000/3 tahun.

Sekarang, mengingat kurs Dollar agak tinggi, pertanyaannya, apakah Anda rela mengeluarkan sedikit tambahan dana lagi untuk mendapatkan hosting terbaik di dunia?

Kalau dilihat dari sisi bisnis, jelas kita menginginkan yang terbaik.

Jadi saya merekomendasikan hosting Bluehost untuk Anda mengingat setiap bisnis yang Anda bangun layak dibangun diatas fondasi yang terbaik juga.

Perbandingan Jumlah Website di Bluehost Vs Hosting Terbaik Indonesia

hosting terbaik indonesia

zoom gambar dengan jari Anda untuk memperbesar

Seperti terlihat pada tabel dia atas, ada sekitar 3 juta website yang saat ini di hosting di Bluehost. 

Pada tabel dibawah nanti, Anda bisa lihat nanti bahwa Bluehost berdiri tahun 2003 dan IDWebHost tahun 2004.

Hanya beda setahun saja, tapi jumlah website yang di hosting di IDWebHost sampai saat ini hanya 100.000 dan Bluehost 3.000.000.

Perbandingan yang sangat jauh. Mengapa bisa begitu? Ini dikarenakan pengguna Bluehost berasal dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia.

Ya, sebenarnya untuk kalangan yang tahu hosting, mereka lebih memilih menggunakan hosting luar, dan yang paling sering dipakai adalah Bluehost ini.

Kalau hanya mengandalkan area lokal saja seperti IDWebHost yang hanya menarget orang Indonesia, maka Bluehost pasti juga hanya sedikit penggunanya.

Tapi rupanya karena memang sudah menjadi hosting yang sangat tinggi performanya, orang-orang dari seluruh dunia tidak segan menggunakan Bluehost sebagai sarana hosting mereka.

Jika setelah membaca ini Anda tertarik dengan Bluehost, saya sarankan Anda menggunakan Bluehost karena lebih banyak menangnya dibanding hosting Indonesia bahkan dibanding hosting terbaik Indonesia sekalipun.

Pada intinya, tidak soal jenis website apa yang ingin Anda buat, Bluehost bisa menjadi andalan hosting bagi performa website Anda.

Lamanya Memberi Layanan Hosting - Bluehost Vs Hosting Terbaik Indonesia

Silakan simak tabel perbandingan berikut.

hosting terbaik

zoom gambar dengan jari Anda untuk memperbesar

Seperti telah dibahas di atas, Bluehost telah lama berdiri sebagai perusahaan hosting. 

Oleh karena itu, Bluehost jauh lebih berpengalaman dari hosting Indonesia manapun dalam memberi layanan hosting.

Saya sendiri mulai mengenal Bluehost sejak 2007 saat saya mulai mencoba bisnis online. 

Saya bisa lihat bagaimana setiap tahunnya semakin banyak fitur-fitur yang semakin lengkap di Bluehost.

Yang menyenangkan juga adalah harganya makin lama makin murah.

Jumlah Pegawai Bluehost Vs Hosting Terbaik Indonesia

Jumlah staff akan menentukan kecapatan layanan bantuan teknis. Semakin sedikit staff-nya pasti semakin lama bantuannya.

Berapa jumlah pegawai Bluehost? 

web hosting terbaik indonesia

Seperti Anda lihat di gambar, jumlah karyawan Bluehost ada 750 orang lebih. Itu sebabnya Bluehost bisa memberikan bantuan kepelanggan lewat support chat dalam 20 detik.

Di Indonesia sendiri rata-rata bantuan support lewat chat adalah 5-10 menit. Kenapa? Karena perusahaan hosting Indonesia pegawainya tidak banyak, rata-rata 5-15 orang saja.

Jadi menurut Anda, dengan harga yg relatif lebih murah dari kebanyakan hosting Indonesia, lebih baik Bluehost atau hosting-hosting Indonesia?

Kalau mau jujur dengan diri sendiri, Anda pasti tahu jawabannya dan saya disini hanya bisa memberikan fakta ulasannya.

Lama Garansi Uang Kembali - Bluehost Vs Web Hosting Terbaik Indonesia

Silakan simak tabel perbandingannya.

hosting terbaik

30 hari untuk Bluehost, dan yang paling rendah adalah Domainesia, hanya 10 hari.

Garansi yang disediakan Bluehost bervariasi mengikuti kondisi dunia. Misalnya di bulan April 2020 saat pandemi COVID-19 merajalela, mereka memberi 60 hari garansi uang kembali.

web hosting terbaik

Kenapa pedagang berani kasih garansi? Karena dia yakin barang dagangannya tidak akan rusak atau bermasalah alias barangnya bagus.

Bluehost memang memberi layanan yang prima sehingga mereka tidak ragu memberi garansi 30 atau 60 hari sekalipun.

Kalau dibandingkan dengan hosting Indonesia, tidak soal apa yg terjadi dengan kondisi perekonomian Indonesia, garansi tetap maksimal 30 hari.

Bluehost atau Hosting Indonesia? Jawaban Pastinya

Tidak sulit sebetulnya untuk memutuskan mana yang terbaik.

Masalahnya sekarang adalah tidak setiap orang Indonesia punya minded untuk berhosting di luar Indonesia

Jika ini sulit diubah, lebih baik Anda menggunakan hosting Indonesia saja.

Alasan lain Anda untuk gunakan hosting Indonesia adalah karena metode pembayaran Bluehost hanya menerima kartu kredit dan Paypal.

Jika Anda tidak punya kartu kredit atau Paypal, Anda tidak bisa gunakan Bluehost meskipun Anda mau.

Sebaliknya, jika Anda punya minded bahwa berhosting diluar itu tidak ada bedanya dengan berhosting di Indonesia dan Anda ingin gunakan hosting yang terbaik, maka saran saya gunakan Bluehost.

Pilihan Hosting Luar Lainnya

Jika website Anda terbuat dari WordPress maka sebenarnya ada beberapa hosting lain selain Bluehost yang bisa anda Anda pilih untuk digunakan sebagai hosting website Anda.

WordPress.org sendiri menganjurkan tiga hosting utama yang paling cocok untuk digunakan sebagai basis dalam menginstal website WordPress.

Yang pertama sudah kita bahas yaitu BlueHost, yang kedua adalah Siteground, dan yang ketiga adalah DreamHost.

Tapi saya juga mau tambahkan hosting lain yang juga bagus untuk website berbasis WordPress. Hosting ini adalah A2 Hosting.

Berikut sekilas info tentang ketiga hosting tersebut.

1. SiteGround Hosting

hosting terbaik

Dikalangan pengguna WordPress, SiteGround dikenal sebagai salah satu WordPress hosting terbaik dengan harga yang amat terjangkau. 


Berikut beberapa hal yang fitur utama yang saya sukai dari SiteGround:

  • Hosting luar dengan performa sangat tinggi dgn harga mulai $3.95/bln
  • Hosting papan atas US dan ada Lokasi server di Singapura sehingga kecepatan loading website sampai 392ms
  • Sangat friendly untuk semua jenis website berbasis WordPress
  • Performa lebih tinggi dari kebanyakan hosting luar lainnya, meski dari sisi harga lebih tinggi sedikit


2. DreamHost

Selain Bluehost dan SiteGround, Bluehost adalah salah satu hosting utama yang direkomendasikan WordPress.org sebagai pilihan hosting terbaik untuk website berbasis WordPress. Berikut beberapa fitur utamanya.

  • Layanan prima Dreamhost bisa didapat hanya dengan membayar $2.59/bln
  • Memiliki server kuat yang sanggup memberikan kecepatan loading website yang optimal
  • Tersedia paket hosting berkualitas dengan pilihan pembayaran bulanan atau tahunan
  • Setiap paket hosting sudah termasuk unlimited bandwith dan storage


3. A2 Hosting

hosting paling bagus

Sejauh yang saya rasakan, A2 hosting punya Tim support yang amat kompeten.


Saya bisa rasakan bahwa tim support mereka sangat ahli dalam hal WordPress dan mungkin karena sudah terbiasa ngoprek WordPress mereka jadi bisa dengan sangat cepat mengatasi problem seputar WordPress.


Rata-rata kecepatan mereka membalas chat adalah sekitar 20 detikan dan bisa siang atau malam. Berikut ini beberapa kelebihan lain dari A2 Hosting.

  • Hosting unggulan dari luar Indonesia dgn harga mulai $3.92/bln
  • Menyediakan lokasi server di Singapura sehingga membuat kecepatan loading website dibawah 1 detik
  • 20x lebih cepat dibanding server hosting Indonesia
  • Sangat cocok untuk website WordPress dan toko online berbasis Woocommerce

Baca review lengkap DreamHost


Review Lengkap DreamHost

hosting termurah

DreamHost merupakan salah satu hosting luar terbaik dengan harga yang paling murah.

Misalnya, WordPress hosting-nya mulai dari $2,59 perbulan, dan shared hosting-nya harganya sama yaitu, $2.59 per bulan.

Perlu Anda ketahui, bahwa harga $2.59 itu adalah yang bisa Anda dapatkan kalau anda mengambil pembayaran yang langsung tiga tahun sekaligus.

Sebenarnya tidak perlu heran dengan hal ini, karena ini hal yang standar di semua layanan hosting. 

Kalau anda mengambil paket yang lebih lama pasti harganya akan menjadi lebih murah.

Misalnya harga hosting satu tahun pasti akan lebih mahal dari harga hosting yang dibayar sekaligus tiga tahun, jika dihitung jatuh perbulannya.

Di DreamHost sendiri kalau Anda mengambil paket yang satu tahun langsung maka harga jatuh per bulannya adalah $3,95 per bulan.

Sedangkan jika anda mengambil langsung 3 tahun maka harganya menjadi $2,95 per bulan. 

Harga DreamHost per tahun

dream host per tahun

Harga DreamHost per 3 tahun

harga web hosting

Kelebihan lain yang dimiliki DreamHost sehubungan dengan harga adalah fakta bahwa di DreamHost Anda bisa memilih untuk membayar secara bulanan, bukan tahunan atau 3 tahunan.

Untuk perbulannya, biaya DreamHost adalah $4,95 per bulan.

Harga DreamHost perbulan

harga hosting terbaik indonesia

Saya harus mengatakan bahwa dalam hal ini DreamHost benar-benar memberikan kemudahan yang luar biasa bagi mereka yang ingin menggunakan hosting luar tapi punya budget yang terbatas.

Mengapa saya mengatakan demikian?

Alasannya adalah karena misalnya Anda menggunakan SiteGround, jika Anda ingin menggunakan paket bulanannya, memang harganya murah, yaitu $3.95 per bulan, tapi ada biaya set up-nya yang harganya sekitar $14,95.

Jadi, kalau Anda menggunakan SiteGround yang bulanan, maka di awal Anda sudah harus membayar $14,95 ditambah $3,95, jadi Anda harus membayar $18.90 untuk bulan pertama-nya. Lihat detailnya:

harga hosting

Oleh karena itu, Saya bisa mengatakan bahwa menggunakan Dream Host sebagai pilihan hosting di luar Indonesia merupakan solusi yang cost-effective baik bagi pebisnis individu, perusahaan kecil dan menengah.

Tapi bagaimana dengan layanan DreamHost itu sendiri, meskipun murah apakah kinerja-nya juga bagus?  

Mari kita lihat isi paket hosting DreamHost.

Misalnya untuk paket yang termurah yaitu paket Starter, yang harganya $3,95 per bulan, sudah termasuk 1 domain gratis.

Jadi Jika Anda memang mau memulai membuat website dan ada kendala budget maka dengan menggunakan DreamHost, Anda sudah mendapatkan domain serta hosting, dan hosting nya juga merupakan hosting yang bagus karena pertama-tama DreamHost menggunakan SSD storage.

Dengan SSD storage, artinya website Anda akan lebih cepat loading atau lebih cepat terbukanya sewaktu diakses oleh orang atau pengunjung website Anda.

Di paket yang sama juga termasuk unlimited traffic dan unlimited bandwith.

Ini artinya, secara masuk akal, website Anda tetap bisa diakses saat terjadi lonjakan trafik.

Paket yang termurah juga termasuk SSL certificate. Ini adalah fitur keamanan yang wajib di install di setiap domain.

Mungkin Anda sudah tahu SSL membuat http menjadi https. Jika SSL terinstal, ini akan terlihat dengan munculnya lambang gembok diawalan domain Anda sewaktu dilihat di browser.

Perlindungan keamanan dari SSL sangat penting karena akan membuat data Anda dan pengunjung website Anda terlindungi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Layanan support atau dukungan atau bantuan dari DreamHost juga sangat luar biasa.

Tersedia layanan support sepanjang hari untuk pelanggan DreamHost.

Juga, jika anda tidak mau menggunakan WordPress theme tertentu untuk website WordPress Anda, DreamHost juga menyediakan apa yang namanya website builder.

Ini adalah fitur baru yang disediakan oleh DreamHost.

Dengan fitur ini Anda sebenarnya bisa membuat WordPress theme Anda sendiri yang desain-nya bisa dibuat sesuai dengan keinginan Anda.

Jadi boleh dibilang menggunakan DreamHost sebagai hosting bagi website Anda, ini sebenarnya menguntungkan.

Malahan saya menganjurkan Anda untuk menggunakan DreamHost sejak awal bahkan jika website Anda berbahasa Indonesia, karena sebenarnya DreamHost memberikan kapasitas layanan yang sangat bagus untuk semua jenis website.

Kesimpulan Pemilihan Hosting

Topik utama artikel ini adalah tentang hosting Indonesia terbaik, dan saya sudah berikan review tiga hosting terbaik Indonesia saat ini, yaitu Niagahoster, IDWebHost dan Domainesia.

Tapi di artikel ini saya juga memberi review beberapa hosting luar yang kinerja-nya sebetulnya diatas hosting terbaik Indonesia.

Alasan saya melakukannya adalah karena semakin banyak pebisnis Indonesia yang mau go online tapi tidak tahu bahwa di luar Indonesia ada layanan hosting yang juga bagus serta lebih murah.

Terutama jika bisnis dan perusahaan ingin membangun website dengan WordPress sebagai dasarnya, maka wajiblah mereka diberitahu tentang hosting mana saja yang benar-benar direkomendasikan oleh WordPress sendiri.

Itulah sebabnya saya membahas tentang Bluehost, Siteground, Dreamhost dan A2 Hosting.

Yang menjadi kesimpulan adalah, Anda sekarang tahu hosting mana saja baik di Indonesia maupun diluar yang benar-benar mumpuni dalam memberi hasil terbaik bagi kinerja website Anda.

Sekarang Anda tinggal memilihnya.

Tapi sekali lagi, ada cara yang benar dan ada cara yang salah dalam memilih hosting, bahkan dalam memilih hosting yang saya rekomendasikan disini.

Bagaimana Anda bisa sampai salah dalam memilih hosting terbaik untuk website Anda?

Jika Anda memilih berdasarkan mana harga yang termurah dari semua rekomendasi hosting diatas.

Harga yang saya maksud disini adalah memilih berdasarkan harga yang paling murah.

Kebanyakan orang akan memilih hosting dengan mencari hosting yang memiliki harga yang paling murah, bahkan gratis.

Memang tidak salah untuk mendapatkan hosting dengan harga yang murah. Tapi kalau pilihan hosting Anda didasarkan oleh harga, maka besar kemungkinan ada hal-hal yang akan Anda lewatkan.

Bisa saja Anda melewatkan fakta bahwa paket hosting yang Anda pilih berdasarkan harga tersebut sebenarnya tidak memadai untuk tujuan website Anda.

Lebih parah lagi, bisa saja Anda mengabaikan semua hosting diatas dan mencari sendiri hosting dengan kemungkinan termurah atau gratis.

Jika ada layanan hosting yang murah tentu Anda sebaiknya bertanya kepada diri sendiri mengapa bisa semurah itu.

Dengan bertanya seperti itu, Anda akan termotivasi untuk melihat secara lebih dalam fitur apa saja yang ditawarkan oleh hosting murah tersebut. 

Biasanya hosting yang murah tidak menawarkan banyak keuntungan.

Jika hanya terbuai harga murah tapi tidak memperhatikan fitur-fiturnya, maka ini bisa membawa dampak negatif tidak lama setelah Anda membayar dan menggunakannya.

Ya, saya bisa jamin bahwa tidak lama setelah menggunakan hosting murah, akan terasa efek efek negatifnya.

Saya bisa mengatakan demikian karena juga saya pernah merasakannya.

Hal pertama yang terjadi adalah kenyataan bahwa website saya sulit dan tidak bisa dibuka. Untuk masuk ke halaman admin-pun tidak bisa.

Kemudian yang menjadi hal umum selanjutnya yang dilakukan jika problem demikian muncul adalah menghubungi bantuan layanan support hosting tersebut.

Kenyataan pahit berikutnya adalah fakta bahwa layanan support-nya tidak benar-benar memberikan support dengan cepat.

Mengapa bisa demikian?

Karena hosting yang murah biasanya dikelola oleh perorangan atau oleh segelintir orang saja

Tidak ada yang salah dengan mengelola hosting secara perorangan atau memiliki segelintir orang saja yang mengelolanya. 

Banyak perusahaan hosting raksasa sekarang, dulunya juga dikelola oleh sedikit orang.

Sekarang bayangkan, jika hosting murah tersebut memiliki banyak konsumen, dan akhirnya banyak konsumen tersebut mengalami kendala, maka tentu banyak juga konsumen yang meminta bantuan support pada waktu yang sama.

Sayangnya, karena hosting murah seringkali dikelola oleh segelintir orang saja, maka layanan support tidak bisa diberikan dengan cara yang maksimal

Sisi lain dari hosting yang murah adalah mereka memiliki paket hosting yang juga mahal yang menargetkan perusahaan menengah keatas.

Tentu saja, tim support mereka akan lebih mendahulukan customer-customer yang mengeluarkan kocek yang lebih banyak dibandingkan mereka yang menyewa hosting murah mereka.

Bisa saja hal yang saya tulis barusan  tidak sepenuhnya benar tapi demikianlah logikanya.

Yang mau saya katakan disini adalah, jika memang benar Anda serius dengan bisnis online Anda, maka lebih baik jangan gunakan hosting yang termurah.

Di atas saya sudah mereview berbagai jenis hosting yang terbaik di Indonesia ini.

Beberapa diantaranya harganya tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah.

Tentu saja Anda bebas memilih mau  paket hosting yang mana diantara yang saya sebutkan di atas.

Tapi jika memang harga merupakan hal yang sangat penting untuk bagi Anda, saya sudah pastikan bahwa layanan hosting yang saya review di atas didukung oleh banyak pegawai dan tidak hanya dikelola oleh segelintir orang saja.

Jadi andaikan Anda memilih salah satu dari mereka pun, besar kemungkinan Anda masih bisa tetap dilayani ketika anda menghadapi masalah. 

Ciri-Ciri Hosting Terbaik

Hosting terbaik memiliki keseimbangan antara harga yang ditawarkan dan fitur-fiturnya.

Meski sebuah layanan hosting sudah lama beroperasi, bukan berarti tiap paket layanan mereka sama bagusnya.

Misalnya dengan Niagahoster, saya membahas tiga paket utama hosting mereka, yaitu paket Bayi, Personal dan Bisnis.

Bayi memang yang termurah, dan kalau Anda berpikir bahwa kinerjanya akan sama dengan paket Personal atau Bisnis, maka Anda sudah berpikir ke arah yang salah.

Tiap paket dibuat dengan memiliki kekuatan sendiri-sendiri.

Itulah sebabnya saya membahas diatas tentang jangan memilih hosting berdasarkan harganya.

Saya lebih cenderung untuk menganjurkan Anda memilih hosting berdasarkan tujuan website Anda.

Pikirkan tujuan website Anda. Apakah untuk memberikan informasi berkala seperti blog atau untuk menjual produk seperti toko online?

Kalau misalnya Anda mau membuat toko online dengan banyak produk didalamnya dan Anda pilih pake Bayi atau Personal, bisa dipastikan tidak lama kemudian toko online Anda akan sulit untuk dibuka karena sudah terlalu berat untuk dibuka dan kapasitas paket-paket tersebut Sudah tidak memadai lagi.

Atau mungkin Anda hanya berencana untuk membuat sebuah landing page yang akan digunakan untuk menerima trafik dari iklan online. Anda mungkin merasa paket Bayi sudah pas karena landing page ukurannya hanya kecil saja.

Tapi apa betul akan cukup? Sudahkah Anda pikirkan berapa banyak trafik yang akan datang lewat iklan tersebut?

Misalnya Anda menyediakan budget Rp 1.000.000 per hari untuk Google Ads yang Display Network, ini berarti rata-rata dalam sehari landing page Anda akan menerima kedatangan 10.000-20.000 orang.

Dengan trafik sebanyak itu apakah paket Bayi sanggup menampungnya? Sudah tentu tidak akan sanggup.

Landing page Anda akan overload dan tidak akan bisa di akses lagi oleh trafik dari iklan tersebut. Hasilnya, Anda rugi.

Kembali lagi, jangan memilih hosting berdasarkan harga, tapi berdasarkan tujuan website Anda.

Dengan memikirkan tujuan dari website Anda, Anda akan bisa melihat kapasitas paket hosting mana yang diperlukan, yang akan memadai untuk digunakan.

Hosting Terbaik Indonesia

Niagahoster
Kunjungi Sekarang
IDWebHost
Kunjungi Sekarang
Domainesia
Kunjungi Sekarang

Rekomendasi utama:

Hosting Luar Terbaik

BlueHost
Kunjungi Sekarang
SiteGround
Kunjungi Sekarang
DreamHost
Kunjungi Sekarang
A2Hosting
Kunjungi Sekarang

Rekomendasi utama:

Suka Dengan Konten Seperti Diatas? 

Gabung Dengan Newsletter Gratis Kami Untuk Mendapatkan Notifikasi Saat Kami Mempublikasikan Informasi Serupa dan Trik Pemasaran Online Lainnya