• Home
  • Webinar Software Terbaik Untuk Bisnis dan Perusahaan

Webinar Software Terbaik Untuk Bisnis dan Perusahaan

Webinar software yang mana yang paling baik untuk bisnis dan perusahaan Anda?

Saya berasumsi bahwa jika Anda membaca ulasan ini, itu berarti Anda sudah tahu pasti bahwa webinar atau seminar online adalah sarana ampuh untuk menjual atau memperkenalkan produk dan jasa Anda.

Sebenarnya, kalau melihat hasil riset dari CMI, jelas terlihat bahwa semakin banyak bisnis dan perusahaan yang menggunakan webinar sebagai bagian penting dari proses promosi mereka.

Silakan lihat datanya:

webinar software

Sekarang Anda semakin yakin bahwa webinar software merupakan sarana yang semakin banyak digunakan pebisnis dan perusahaan untuk meningkatkan penjualan mereka, tinggal sekarang webinar software mana yang paling bagus untuk Anda gunakan.

Masalahnya begini, setiap webinar software memiliki plus dan minusnya masing-masing.

Saya harus jujur bahwa belum ada webinar software yang all in - atau yang mencakup semua yang diperlukan oleh marketer atau pebisnis untuk bisa mengadakan seminar online dengan budget friendly tapi juga maksimal fitur-fiturnya.

Ada webinar software yang cukup murah, tapi hanya mengizinkan jumlah partisipan yang sedikit atau amat terbatas, ada yang mahal tapi dari sisi marketing tools-nya masih sangat kurang menguntungkan bagi pebisnis dan ada yang harganya masuk akal tapi membatasi fitur-fiturnya untuk digunakan secara sepenuhnya.

Menurut pengalaman saya, sebuah webinar software yang baik harus memiliki fitur-fitur berikut:

  • Memiliki tools marketing yang handal
  • Dari sisi teknis-nya mudah digunakan dan didukung teknologi terkiniHarga yang
  • masuk akal berimbang dengan jumlah partisipannya

Ketiga aspek diatas menentukan sukses tidaknya sebuah seminar online.

Sayang kalau produk atau jasa yang Anda tawarkan bagus tapi konversinya kurang bagus hanya karena webinar software yang Anda gunakan sering mengalami kendala sewaktu berpresentasi.

Terutama jika audience Anda adalah kalangan atas dan webinar software yang Anda gunakan tidak memadai, maka bisa saja audience Anda akan merasa bahwa Anda atau perusahaan Anda tidak pro.

Oleh karena itu, saya akan ulas lengkap 9 webinar software yang paling sering digunakan marketer, pebisnis dan perusahaan, baik di Indonesia maupun luar Indonesia sebagai salah satu strategi pemasaran mereka dan agar Anda tahu webinar software mana yang terbaik saat ini.

1. WebinarJam

software seminar online

WebinarJam adalah webinar software terbaik dari yang terbaik yang ada saat ini, dan ada alasannya mengapa saya mengatakan begitu.

WebinarJam adalah platform seminar online yang dibuat oleh sekelompok orang yang sangat berpengalaman dalam bidang online marketing

Karena para creatornya adalah marketer, maka mereka paham apa saja yang paling dibutuhkan marketer untuk menarik orang menjadi pelanggan lewat seminar online.

Pada dasarnya, WebinarJam memenuhi kriteria berikut:

  • WebinarJam memiliki fitur marketing yang paling komplit dibanding webinar software lainnya seperti yang akan saya jabarkan dibawah
  • WebinarJam didukung oleh teknologi terkini dan dibuat untuk mudah digunakan

Sekarang saya tunjukkan apa saja fitur-fiturnya. Pertama-tama dari sisi marketing tools-nya terlebih dulu. Coba WebinarJam.

Undangan Otomatis

Agar orang bisa hadir ke seminar online, mereka harus diundang. WebinarJam punya fitur undangan otomatis yang namanya adalah ‘One Click Registration’. Kegunaannya?

Nah biasanya kalau Anda mau ikut seminar online, Anda akan menerima undangan lewat email, Anda klik link-nya dan Anda harus isi form untuk mendaftarkan diri. Akui kalau kadang Anda tidak jadi daftar karena malas mengisi form-nya bukan?

Dengan fitur ‘One Click Registration’ ini, para undangan cukup klik link-nya dan akan langsung terdaftar secara otomatis, tidak perlu isi-isi form lagi. WebinarJam akan mendaftarkan Anda otomatis berdasarkan data email Anda.

Dengan fitur ini maka dapat dipastikan jumlah partisipan yang mendaftar akan semakin tinggi, dan ini berarti Anda bisa berpromosi ke semakin banyak orang.

Dari satu fitur ini saja WebinarJam sudah didepan webinar software lainnya.

Active Offer

Saat kita mempresentasikan produk diseminar online kita, akan ada saatnya dimana kita akan menawarkan produk.

Nah, WebinarJam punya fitur marketing bernama ‘Active Offer’, ini adalah fitur untuk menampilkan box pop pup berisi penawaran produk kita, yang biasanya kita sudah kasih diskonnya dan disertai dengan countdown timer.

Intinya, Active Offer ini memungkinkan kita untuk menawarkan produk dengan harga diskon dalam waktu sekian menit, setelah waktunya habis, tawaran pun ditutup. Ini memberi efek scarcity terhadap para hadirin sehingga menekan mereka secara halus untuk membeli sebelum waktunya habis.

Fitur ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan konversi. Ini kelebihan lain dari WebinarJam dibanding banyak kompetitornya. Anda bisa coba WebinarJam selama 14 hari - Lihat Disini.

Bisa Membuat Seminar Online Berbayar

Biasanya, kebanyakan seminar online itu gratis karena sang presenter ingin mengajak sebanyak mungkin orang hadir, baru kemudian dia menawarkan produknya.

Tapi, untuk beberapa tipe bisnis tertentu, mereka justru harus memuat seminar yang mengharuskan orang membayar untuk hadir di seminar online mereka.

Jika demikian yang Anda butuhkan, maka WebinarJam pas untuk Anda. WebinarJam bisa membuat webinar berbayar.

Jadi webinar-nya bisa disetting untuk diakses hanya setelah calon hadirin melakukan pembayaran. Untuk metode pembayarannya sendiri bisa langsung diintegrasikan dengan WebinarJam.

Selain fitur-fitur andalan diatas, WebinarJam juga mengakomodasi semua fitur standar yang penting untuk proses marketing lewat seminar online. 

WebinarJam menyediakan landing page builder, integrasi dengan berbagai email marketing software, poll, survey dan chat box.

Sekarang mari kita lihat dari sisi teknisnya.

Jumlah Hadirin

Dalam paket layanan termurahnya, Anda dapat mengadakan webinar dengan kapasitas sampai 500 orang dan dalam paket termahalnya sampai 5000 orang.

Jumlah yang sangat memadai bagi kebanyakan pebisnis dan perusahaaan. 

Browser Based

Karena bisa diakses pada semua browser modern, tidak diperlukan lagi bagi host dan hadirin untuk mendownload software webinar, ini jelas sangat memudahkan, khususnya bagi hadirin yang mungkin tidak terlalu paham hal teknis.

Jika harus download dan instal, selain agak ribet, sering juga terjadi kendala saat instalasi, maka jika hal-hal ini dialami hadirin, mereka akan kesulitan utk hadir pada seminar online Anda.

Jadi karena WebinarJam browser-based, semua hadirin bisa akses seminar online Anda dari manapun dan dari device apapun.

Kualitas Audio Video Terkini

WebinarJam menggunakan RTMP, WebRTC, HLS, dan Flash teknologi untuk menghasilkan tampilan video yang bersih dalam kualitas HD serta dengan kualitas suara yang bersih dan jernih.

Hal ini penting karena tanpa kualitas video yang bagus dan suara yang jelas, pesan-pesan marketing Anda kepada hadirin akan gagal sampai. 

Tapi bagusnya, WebinarJam sudah menggunakan teknologi terbaik saat ini untuk mengakomodasi hal-hal tersebut.

Penjadwalan Webinar dan Notifikasi Otomatis

Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah men-setting tanggal dan jam kapan webinar Anda akan diadakan dan secara otomatis, WebinarJam akan mengirim email reminder kepada semua partisipan yang telah terdaftar. 

Orang sering lupa karena banyaknya kesibukan, tapi kalau diingatkan, mereka akan lebih aware datang ke seminar online Anda.

Panic Button

Ini dia fitur luar biasa yang saya tidak temukan di semua webinar software lainnya. Apa itu panic button?

Kadang-kadang, masalah teknis bisa saja terjadi saat seminar online sedang berjalan. Jika menggunakan software lainnya, maka Anda hanya bisa pasrah menunggu sampai masalah teknis itu teratasi. 

Akibatnya sudah jelas, Anda bisa kehilangan hadirin dan hal-hal tak diinginkan lainnya. 

Tapi karena di WebinarJam ada Panic Button, maka saat ada kendala teknis terjadi, maka Anda bisa klik tombol tersebut dan secara otomatis WebinarJam akan memindahkan Anda sebagai host dan juga semua partisipan ke room cadangan yang telah dipastikan berfungsi dengan baik.

Hasilnya? Anda bisa melanjutkan presentasi dan hadirin Anda tetap pada tempatnya. Konversi penjualan Anda bisa terselamatkan dengan adanya fitur luar biasa ini. 

Suka dengan fitur ini? Anda bisa coba untuk gunakan WebinarJam.

Control Room

Ini juga salah satu fitur yang hanya ada di WebinarJam. Control Room adalah ruangan virtual yang dikhususkan bagi staff atau asisten Anda

Sebagai presenter, Anda bisa fokus ke penyampaian materi saja, dan staff Anda yang mendukung Anda dalam menyajikan slide presentasi, screen share dan lainnya.

Ini sangat memudahkan Anda untuk benar-benar bisa menyampaikan presentasi dengan baik karena Anda secara penuh didukung oleh staff yang bekerja dibalik layar

Tapi jika tidak ada control room, staff Anda akan sulit untuk mendukung, akibatnya Anda pun harus ikut terlibat dalam mengklik ini dan itu agar bisa ditampilkan bagi hadirin, tentu ini akan menyulitkan Anda.

Jadi keberadaan control room benar-benar efektif bagi presenter.

WebinarJam juga menyediakan fitur teknis lainnya seperti automated recording, file sharing, password protection, dan data analytic yang memadai.

WebinarJam Pricing - Harga Paket WebinarJam

Berikut daftar harga paket berbayar WebinarJam


  • Basic - $499/tahun - maksimal 500 hadirin
  • Professional - $699/tahun - maksimal 2000 hadirin
  • Enterprise - $999/tahun - maksimal 5000 hadirin

    Anda bisa coba WebinarJam sebelum bayar penuh.

Sayangnya, WebinarJam tidak ada paket untuk bayar bulanan, hanya tersedia paket bayar tahunan saja.

Tapi kabar baiknya, saya punya deal khusus dengan WebinarJam supaya pembaca blog ini bisa dapat kelonggaran.

Dealnya adalah Anda bisa coba pakai WebinarJam selama 14 hari dengan $1 saja. Jika Anda lanjut dengan paket penuhnya, Anda pun masih di cover dengan 30 hari uang kembali. Klik disini untuk lihat penawaran ini.

2. WebinarNinja

online meeting

WebinarNinja memiliki satu fitur utama yang sangat menonjol dibandingkan sofware seminar online lainnya, yaitu kecepatan dalam menayangkan webinar.

Kalau boleh jujur, sebenarnya fitur ini tidaklah terlalu penting.

Ada banyak hal yang harus disiapkan presenter untuk sebelum ia memulai seminar online. Ini termasuk menyiapkan materi, mengundang partisipan dan men-setting webinar software agar bekerja dengan baik.

Jadi meskipun WebinarNinja menjanjikan kemudahan dan kecepatan dalam menayangkan seminar online, hal ini tidak terlalu penting.

Yang lebih penting dari kecepatan yang mereka janjikan, sebenarnya adalah fitur marketing mereka.

Sama seperti WebinarJam yang mengedepankan fitur marketing dan teknologinya, WebinarNinja juga mirip dengan itu.

Yang juga menarik adalah, creator WebinarNinja juga adalah para online marketer sehingga mereka paham apa yang dibutuhkan marketer untuk bisa sukses dalam memasarkan produk atau jasa lewat seminar online.

Berikut beberapa fitur dari WebinarNinja yang memudahkan presenter untuk mempersiapkan dan menyampaikan presentasi mereka.

Serba Otomatis

Saat Anda mulai setting WebinarNinja untuk menjadwalkan sebuah seminar online, WebinarNinja akan membuat halaman registrasi dan halaman ‘terima kasih’ ( halaman yang akan diakses orang setelah berhasil melakukan pendaftaran secara otomatis

Yang juga akan otomatis adalah pengiriman email kepada mereka yang sudah mendaftar. Email-email ini berfungsi sebagai pengingat bagi pendaftar agar tidak lupa datang ke seminar online pada waktu yang telah ditetapkan.

Ada beberapa email yang di buat otomatis oleh WebinarNinja dan juga tersetting otomatis untuk terkirim mulai dari beberapa hari sebelum seminar dimulai sampai pada hari seminar akan diadakan. 

Tentu Anda bisa meng-edit email-email ini sesuai dengan kebutuhan.

Dengan terbuatnya hal-hal diatas secara otomatis, ini sangat memudahkan dan mempercepat proses persiapan webinar.

Bisa Untuk Seminar Berbayar

Sama halnya dengan WebinarJam, di WebinarNinja juga ada fitur untuk membuat webinar berbayar.

Para profesional bisa membuat seminar online mereka sebagai seminar berbayar yang bisa diakses kapan saja oleh mereka yang telah melakukan pembayaran.

Webinar Presentation Tool

WebinarNinja memiliki kemampuan mumpuni untuk menampilkan presentasi dalam kualitas HD yang bersih.

Saat presentasi berjalan, Anda juga bisa men-setting agar box penawaran Anda muncul didepan layar hadirin Anda. Sama seperti WebinarJam, WebinarNinja menyediakan fitur countdown timer juga sebagai faktor scarcity-nya.

WebinarNinja Pricing - Harga Paket WebinarNinja

Tersedia paket free trial untuk 14 hari. Jika setelah mencoba setelah 14 hari dan Anda lanjut ke paket berbayarnya, maka akan diasumsikan Anda puas dengan software-nya sehingga tidak ditawarkan uang kembali.

Semua paket berbayar WebinarNinja juga dilengkapi dengan fitur chat, tanya jawab dan poll. 

WebinarNinja cocok untuk bisnis skala kecil hingga menengah. Misalnya, paket WebinarNinja yang termurah bisa menampung sampai 100 orang, dan yang termahal sampai 1000 orang.

Dari jumlah hadirinnya, WebinarNinja memang dibuat untuk pebisnis atau perusahaan kecil dan menengah yang tidak membutuhkan banyak hadirin dalam seminar online mereka.

Mengenai harga paketnya sendiri, WebinarNinja menyediakan paket berbayar bulanan dan tahunan. Untuk paket yang tahunan tersedia diskon 20%.


Berikut harga paket-paket WebinarNinja jika Anda membayar langsung untuk setahun:

  • Paket Starter - $468/tahun - maksimal bisa 100 hadirin
  • Paket Pro - $948/tahun - maksimal bisa 300 hadirin
  • Paket Plus - $1548/tahun - maksimal bisa 500 hadirin
  • Paket Power - $2388/tahun - maksimal bisa 1000 hadirin

Coba Anda kembali bandingkan dengan harga WebinarJam diatas, Anda akan langsung tahu bahwa WebinarJam jauh lebih murah dibanding WebinarNinja, dan dengan fitur yang lebih maksimal juga.

Dalam hal ini, meskipun WebinarNinja merupakan sebuah webinar software yang bagus, tapi dari sisi harga tentu saja Anda perlu pertimbangkan juga.

Saran kami, coba WebinarJam dan WebinarNinja ( gratis ) dan bandingkan mana yang Anda rasa paling pas untuk Anda.

Preferensi saya tetap pada WebinarJam mengingat betapa cost-effective dan lengkap-nya WebinarJam.

3. Demio

perangkat lunak untuk buat seminar online

Demio merupakan webinar software yang mengedepankan desain memukau sebagai hal utama yang mereka tawarkan kepada pengguna.

Target utama pengguna adalah para pengusaha dan perusahaan-perusahaan. Harga Demio juga sangat terjangkau sehingga cocok untuk orang-orang yang punya usaha sendiri atau perusahaan kecil menengah.

Ulasan berikut akan membahas tentang fitur marketing dan teknikal dari Demio sehingga Anda bisa memahami hal macam apa yang ditawarkan Demio sebagai salah satu webinar platform terbaik.

Fitur Marketing Demio

Agar memudahkan pengguna untuk mengundang dan menjaring sebanyak mungkin peserta seminar online, Demio dilengkapi dengan landing page builder yang sangat mudah digunakan.

Penggunaannya hanya perlu drag dan drop elemen saja untuk membuat landing page yang pengguna butuhkan. Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat registration page dan ‘thank-you’ page dengan cepat.

Demio juga terintegrasi dengan banyak email marketing software dan juga berbagai software CRM.

Demio menyediakan fitur chat box, poll, survey, automated recording dan analytics.

Di Demio, support tersedia selama 24/7. Ini luar biasa mengingat support di webinar software lainnya biasanya hanya pada jam kerja saja. Kunjungi Demio.

Desain & Teknologi Demio

Para creator Demio ternyata sangat menjunjung tinggi desain. Ini terbukti dari tampilan desain Demio yang elegan. Boleh dibilang, dari semua webinar software yang ada saat ini, Demio-lah yang paling menarik dan bagus desainnya.

Demio menggunakan sistem browser-based sehingga bisa diakses dengan mudah dari device apapun dan dari manapun.

Jika Anda coba Demio, Anda pasti akan langsung suka dengan desainnya karena Demio tampil memukau pada setiap browser yang ada saat ini.

Demio menggunakan teknologi yang sama dengan WebinarJam untuk menghantarkan video dalam kualitas HD dan suara yang jernih. 

Dapat dipastikan bahwa seminar online akan berjalan dengan baik karena Demio mendukung Anda dengan teknologi webinar termutakhir yang ada saat ini.

Kekurangan Demio

Misalnya, Demio tidak memiliki fitur ‘One Click Registration’, padahal fitur ini sangat penting untuk meningkatkan konversi partisipan seminar online.

Demio juga tidak punya fitur untuk membuat webinar berbayar. Oleh karena itu, beberapa type bisnis tidak cocok untuk menggunakan Demio.

Jumlah hadirin-pun boleh dibilang skalanya kecil. Ini wajar karena memang Demio menargetkan bisnis ukuran kecil dan menengah sebagi penggunanya. Demio hanya bisa menampung maksimal 500 hadirin saja.

Demio juga tidak memiliki fitur ‘Active Offer’ sehingga pengguna tidak bisa menampilkan penawaran produk dengan scarcity. Dari sisi marketing, ini bisa bisa menurunkan konversi penjualan produk. Semoga fitur ini segera tersedia.

Sama halnya dengan WebinarNinja, Demio juga tidak dilengkapi dengan fitur untuk mengatasi masalah teknis yang bisa saja muncul.

Di WebinarJam, fitur ini disebut Panic Button, tapi sayangnya Demio tidak punya fitur ini sehingga jika masalah teknis muncul, maka harus pasrah sampai masalahnya teratasi.

Demio juga tidak memiliki ‘Control Room’ yang seharusnya bisa digunakan oleh asisten si presenter untuk mendukung jalannya seminar online. Akibatnya, si presenter harus kerja keras untuk melakukan semua teknis seminar sendirian. 

Meski Demio memiliki keamanan tingkat tinggi, tapi anehnya Demio tidak menyediakan cara untuk membuat password meeting. Semoga kelak fitur ini ditambahkan mengingat ini akan menambah keamanan data host dan juga partisipan.

Ada batasan waktu penggunaan. Dengan WebinarJam atau WebinarNinja, setelah host memulai seminar online, host bebas mau melangsungkan seminar tersebut dalam berapa jam saja. 

Dengan Demio, host dibatasi maksimal sampai 10 jam saja per sesi. Memang 10 jam lebih dari cukup, tapi siapa yang suka batasan?

Demio Pricing - Harga Paket Demio

Demio menyediakan pembayaran bulanan atau sekaligus setahun sekali dan tersedia 14 hari gratis untuk mencobanya.

Berikut detail paket-paket Demio dan harganya.


  • Starter - bisa maksimal 50 hadirin. Harga bulanannya $49/bulan, dan harga tahunannya $411/tahun (hemat $177 dengan membayar setahun langsung)
  • Growth - bisa maksimal 150 hadirin - $99/bulan, dan $811/tahun (hemat $377 jika bayar pertahun langsung)
  • Business - bisa maksimal 500 hadirin - $234/bulan dan $1965/tahun (hemat $843 untuk pembayaran langsung satu tahun)

Jika Anda menggunakan Demio untuk seminar dibawah 50 hadirin, memang Demio sangat tepat digunakan karena dari sisi harga sangat terjangkau, dan bisa bayar bulanan.

Tapi jika hadirin Anda sudah diatas 100 dan seminar online adalah hal yang sering Anda lakukan, atau perusahaan Anda lakukan, maka harga Demio menjadi lebih mahal bahkan dari webinar software terbaik diatas, yaitu WebinarJam.

Tapi jika Anda memang ingin gunakan Demio, saya sarankan untuk mencobanya terlebih dulu.

Tersedia 14 hari gratis untuk mencoba Demio dan semua fiturnya. Andai Anda suka dan lanjut setelah masa gratis-nya habis, maka Anda akan dicover dengan 30 hari uang kembali juga.

Demio sangat baik dalam hal memberikan trial dan garansi, jadi Anda bisa tenang menggunakan Demio pada masa trial maupun pada masa Anda sudah menggunakan paket berbayarnya. Kunjungi dan coba Demio secara gratis selama 14 hari.

4. Zoho Meeting

Zoho Meeting adalah software video conference yang bisa digunakan untuk melakukan seminar online. 

Zoho meeting sangat mudah digunakan dan dioperasikan baik oleh pebisnis individu atau pun oleh perusahaan baik kecil mau pun besar.

Untuk kebanyakan perusahaan, Zoho Meeting digunakan terutama untuk mengadakan meeting jarak jauh, memberikan layanan support bagi klien secara online, tim kolaborasi dan untuk memperkenalkan layanan, jasa serta produk.

Zoho Meeting memiliki beberapa kelebihan juga kekuragan. Berikut ini ulasannya.

Kelebihan Zoho Meeting

Zoho Meeting merupakan browser-based software, jadi tidak perlu download dan instal untuk menggunakannya.

Zoho Meeting dilengkapi dengan kemampuan untuk mengadakan video conference yang mengharuskan host untuk berbagi screen, mengirim file dan melakukan chat online.

Dengan fitur Tanya Jawab, host dan hadirin bisa berinteraksi. Host juga dapat mengirimkan pesan massal atau broadcast message langsung lewat platform Zoho Meeting saat seminar berlangsung.

Jika ada hadirin yang ingin mengatakan sesuatu atau menyampaikan pendapat, mereka bisa memberi tahu host dengan fitur ‘raise a hand’ atau fitur ‘angkat tangan’. Lebih jauh lagi, host bisa mengundang hadirin menjadi presenter.

Tersedia fitur untuk merekam seminar online dan hasil rekamannya bisa didapat hanya dengan membagikan link kepada hadirin. Setelah klik link tersebut maka hadirin bisa download hasil rekamannya.

Kekurangan Zoho Meeting

Zoho Meeting memiliki fitur analytic. Tapi fitur ini belum benar-benar berfungsi sebagaimana halnya pada webinar software lainnya. Anda hanya bisa berharap untuk melihat analisa standar dari acara seminar Anda.

Secara umum, semua fitur Zoho Meeting adalah fitur standar dari sebuah webinar software. Kinerjanya boleh dibilang underperform jika dibanding dengan semua webinar software yang saya ulas diatas.

Zoho Meeting Pricing - Harga Zoho Meeting

Jika Anda ingin gunakan Zoho Meeting hanya sekedar untuk rapat, bukan webinar, Zoho Meeting menyediakan harga yang sangat bagus, yaitu $10/bulan dan bisa mengundang hadirin rapat sampai 100 orang.

Sedangkan untuk penggunaannya sebagai webinar software beserta semua tools-nya, Zoho Meeting memberi harga yang sangat masuk akal.

Berikut harga Zoho Meeting:


  • Untuk 25 hadirin harganya $19/bulan 
  • Untuk 50 hadirin, $29/bulan
  • Untuk 100 hadirin $39/bulan
  • Untuk 250 hadirin $79/bulan

Anda juga bisa membayar langsung per tahun dengan harga yang nanti jatuh perbulannya akan lebih murah.


Dan kabar bagus lainnya, tersedia juga gratis coba selama 14 hari.

Jika Anda tidak membutuhkan webinar software dengan fitur-fitur yang luar biasa lengkap untuk tujuan webinar Anda, tentu Zoho Meeting bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda karena fiturnya cukup lengkap dan harganya sangat terjangkau.

Silakan coba gratis Zoho Meeting.

5. ClickMeeting

webinar platform

ClickMeeting adalah sebuah webinar software yang dikeluarkan oleh Getsreponse, yaitu salah satu perusahaan email marketing paling terkenal didunia saat ini.

ClickMeeting menyaingi Demio dalam hal desain, tapi tetap Demio masih yang terbaik dari sisi desain.

ClickMeeting memiliki fitur-fitur marketing yang sangat mudah digunakan. Dan boleh dibilang bahwa dari beberapa segi, ClickMeeting lebih baik dari pada Demio atau WebinarNinja.

Pengguna bisa mencoba terlebih dahulu semua fungsi dari ClickMeeting sebelum benar-benar menggunakan versi berbayar-nya.

Versi gratis dari ClickMeeting cukup bagus dan mencukupi kebutuhan untuk proses testing. 

Misalnya saja, dalam versi trial gratis-nya, Anda bisa mengadakan tes seminar online dengan maksimal 25 hadirin tapi Anda bisa membuat sebanyak mungkin sesi testing seminar online, tidak dibatasi.

Dengan demikian, Anda bisa tes semua fitur ClickMeeting disesuaikan dengan jenis webinar atau seminar online yang Anda akan adakan.

ClickMeeting dilengkapi dengan 3 macam tools, yang sebenarnya merupakan hal wajib yang harus merupakan bawaan dari sebuah webinar software agar bisa melangsungkan video conference yang efektif dan berkualitas.

3 tools ini mencakup preparation tools, interaction tools dan analytic tools.

Sekarang mari kita bahas satu persatu agar Anda bisa punya gambaran jelas tentang ClickMeeting sehingga bisa membayangkan apakah ClickMeeting cocok untuk Anda.

Preparation Tools

Seperti sebutannya, prepration tools adalah fitur ClickMeeting yang akan digunakan untuk mempersiapkan jalannya seminar online.

Misalnya, ClickMeeting punya tools untuk membuat registration page yang berisi registration form dan keterangan tentang jadwal seminar serta informasi tentang isi seminarnya.

Yang menarik adalah, Anda bisa memasang brand atau logo bisnis Anda pada registration page tersebut sehingga benar-benar terlihat seperti itu adalah web Anda, bukan ClickMeeting.

Dengan prepration tools, selain Anda bisa membuka seminar gratis, Anda juga bisa membuat seminar online berbayar jika memang type bisnis Anda mengharuskannya. 

Anda bisa mempersiapkan waiting room virtual untuk hadirin seminar online. 

ClickMetting juga punya fitur untuk mempersiapkan automated webinar. Apa itu automated webinar?

Nah, sewaktu Anda mengadakan seminar online, ClickMeeting bisa secara otomatis merekam semua hal yang terjadi dalam seminar tersebut. Kemudian, hasil rekamannya disimpan di database ClickMeeting.

Anda kemudian punya pilihan untuk membuatnya menjadi automated webinar. Jadi automated webinar adalah webinar yang seolah-olah live diadakan padahal itu adalah rekaman.

Sedangkan orang-orang yang merupakan partisipan baru, mereka tidak sadar jika webinar tersebut adalah rekaman. 

Dengan kemungkinan ini, Anda bisa mengajak orang untuk hadir di seminar online Anda tersebut. Dan ketika mereka join serta hadir pada seminar tersebut, sebenarnya yang mereka lihat adalah rekaman seminar itu, bukan versi live-nya.

Anda juga dapat menggunakan rekaman seminar online Anda sebagai alat untuk menjaring email subscriber jika memang Anda misalnya punya website, blog atau Youtube channel.

Jika perusahaan Anda memanfaatkan fitur ini, maka artinya Anda hanya butuh 1x seminar online saja untuk kemudian dimanfaatkan berulang-ulang untuk menjual produk dan layanan Anda lewat seminar.

Itulah beberapa fitur dari preparation tools ClickMeeting. Bagaimana dengan Interaction Tools-nya, simak terus.

Interaction Tools

Ini adalah tools yang digunakan saat seminar online berlangsung. Jadi saat video conference Anda berlangsung, tools ini akan sangat bermanfaat.

Misalnya, selain Anda bisa stream seminar online Anda lewat platform ClickMeeting, Anda juga bisa stream seminar video conference Anda live di Facebook.

Jika hadirin Anda kebanyakan adalah orang-orang yang aktif di Facebook, atau jika partisipannya adalah anggota dari Facebook Group Anda, maka masuk akal jika Anda melangsungkan seminarnya di Facebook.

Melalui fitur interaction tools, hal ini dimungkinkan terjadi. Facebook terintegrasi dengan ClickMeeting sehingga prosesnya menjadi mudah.

Saat meeting berlangsung, Anda bisa menggunakan chat box, poll, survey dan bertanya jawab langsung dengan hadirin Anda. Ini akan meningkatkan engagement yang bagus dan menghangatkan minat hadirin terhadap penawaran Anda.

Interaction tool ClickMeeting juga mencakup fitur marketing yang penting, yaitu active offer.

Anda bisa menampilkan penawaran produk Anda dengan countdown timer dan batasan ketersediaan produk tersebut.

Hal ini tentu akan memacu hadirin untuk segera membeli produk yang Anda tawarkan.

Secara umum, ClickMeeting lebih bagus dari Demio karena memiliki fitur yang lebih powerful untuk melakukan marketing saat seminar berlangsung.

Analytic Tool

Dengan tool ini, Anda bisa melihat statistik tentang hal-hal yang dilakukan oleh hadirin saat seminar berlangsung. Ini mencakup jumlah hadirin, retensi waktu, berapa banyak yang leave dan berapa banyak yang berinteraksi dengan Anda dan sebagainya.

Data-data ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan kualitas seminar online Anda. 

Misalnya jika Anda lihat banyak hadirin yang leave setelah 30 menit, maka ini berarti Anda perlu membuat seminar online yang lebih singkat sehingga lebih efisien mengingat hadirin Anda ternyata orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu. Mungkin mereka mau langsung to the point? Atau seminar Anda kurang menarik bagi mereka?

Anda bisa tentukan hal-hal demikian dengan membaca data analytic-nya. Kunjungi website ClickMetting untuk lihat fitur ini secara lebih lengkap.

ClickMeeting Trial & Kekurangannya

ClickMeeting menyediakan 30 hari gratis untuk mencoba platform mereka. Jika setelah itu Anda lanjut ke versi berbayar, ClickMeeting tidak menyediakan garansi uang kembali.

Tentu ini wajar karena jika setelah mencoba dan pengguna lanjut ke yang berbayar, ini berarti pengguna sudah puas dengan semua fitur mereka. Jika tidak puas tentu tidak akan lanjut.

ClickMeeting juga menyediakan pembayaran bulanan atau tahunanan.

Saya sarankan, jika memang setelah trial Anda mau lanjut dengan versi berbayarnya, gunakan paket Automated, karena ini adalah paket yang lengkap dan mencukupi untuk melangsungkan webinar yang optimal.

Paket Automated mulai dari harga $45/bulan untuk 25 hadirin saja.

Disinilah letak kekurangannya. ClickMeeting tidak murah. ClickMeeting maksimal hanya bisa 1000 hadirin saja, tapi harga untuk 1000 hadirin boleh dibilang sangat mahal.

Misalnya jika dibandingkan dengan WebinarJam, untuk 1000 orang, WebinarJam biaya pertahunnya adalah $699, dan bisa sampai 2000 hadirin.

Dengan ClickMeeting, 1000 hadirin dengan paket Automated adalah $3588/tahun. Misal Anda gunakan paket yang lebih murahnya, yaitu paket Live, harganya $2868/tahun.

Harga ClickMeeting boleh dibilang tidak sebanding dengan jumlah hadirin-nya, tapi tetap sebanding dengan fitur-fiturnya.

Saran saya, jika memang Anda sudah coba ClickMeeting dan suka, ada baiknya Anda menggunakan versi bulanannya saja karena bisa putus kapan saja. 

Tapi untuk versi bulanan, jatuh harganya jadi lebih mahal lagi, tapi positifnya, Anda tidak perlu keluarkan sampai ribuan dollar untuk pakai ClickMeeting karena Anda bayarnya bulanan.

Harga bulanan paket Automated untuk minimal 25 hadirin adalah $45 dan untuk maksimal 1000 orang adalah $359.

Jika hadirin Anda dibawah $25 orang, ClickMeeting masih sangat cost-effective.

6. GotoWebinar

webinar software

Sebenarnya, GoToWebinar adalah webinar software yang paling lama ada, mereka ada sejak 2010 silam.

Sejak mereka muncul sebagai sebuah solusi seminar online, sejak saat itu pula banyak pebisnis, blogger, internet marketer, perusahaan dan pengusaha menggunakan GotoWebinar untuk menjual produk dan jasa mereka.

GotoWebinar juga meng-klaim bahwa sudah 3.000.000 lebih jumlah seminar online yang telah diadakan menggunakan platform mereka dan saat ini mereka memiliki lebih dari 50.000 pelanggan.

Ya memang betul, sejak tahun-tahun itu semua marketer menggunakan GotoWebinar sehingga tidak mengherankan bahwa mereka menjadi sangat populer.

Dan mereka juga punya rekor tersendiri. GotoWebinar adalah webinar software pertama yang mampu menampung 3000 hadirin dalam satu sesi webinar.

Saat itu, ini sangat fenomenal.

Tapi bagaimana dengan sekarang semenjak banyak webinar software lainnya bermunculan?

Ulasan ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut.

Kelebihan GotoWebinar

Semua paket berbayar GotoWebinar memiliki fitur event management, sistem penjadwalan, fitur pembuatan registration page, fitur untuk mengkonek GotoWebinar ke berbagai email marketing software untuk tujuan mengirim notifikasi dan pengingat, fitur automated webinar, poll dan survey.

Jika Anda membutuhkan koneksi dengan payment gateway, GotoWebinar bisa berintegrasi dengan banyak payment gateaway sehingga memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran online dari peserta webinar Anda.

GotoWebinar pada awalnya dibuat untuk membantu pebisnis online dan juga perusahaan kecil menengah untuk bisa mengadakan seminar online, dengan harga yang terjangkau.

Saat dulu pertama kali GotoWebinar muncul, maksimal hadirin yang bisa mereka tampung adalah 1000 orang. 

Seiring waktu, GotoWebinar berkembang menjadi software marketing yang juga menargetkan perusahaan skala besar sebagai pengguna mereka. Itu sebabnya mereka menjadi yang pertama bisa menampung sampai 3000 hadirin seperti dijelaskan diatas.

Saat ini bahkan, layanan GotoWebinar lainnya, yaitu GotoWebcast bisa menampung sampai 100.000 hadirin.

Kabar baiknya adalah, harga GotoWebinar dulu dan sekarang, justru lebih mahal dulu.

Silakan lihat harga GotoWebinar di tahun 2010:

webinar software

Untuk 100 hadirin saja, biaya per tahunnya $948. Saat ini untuk 100 hadirin harga pertahunnya $588.

Jadi tentu saja ini merupakan kelebihan luar biasa dari GotoWebinar. 

Seraya fitur-fiturnya semakin berkembang, harganya semakin turun, ini sungguh amat bagus.

Tapi GotoWebinar juga punya kekurangan.

Kekurangan GotoWebinar

Meski GotoWebinar merupakan platform yang terkenal, GotoWebinar tetap memiliki kekurangan-kekurangan. 

Misalnya, GotoWebinar tidak memiliki fitur Active Offer. Akibatnya, peserta hanya akan bisa melihat penawaran produk Anda di akhir seminar tanpa Anda bisa menampilkannya ditengah acara dengan menyertakan diskon dan countdown timer.

Dengan kurangnya fitur ini pada GotoWebinar, ada kemungkinan terjualnya produk Anda tidak akan sebanyak seharusnya jika fitur ini ada pada GotoWebinar.

GotoWebinar adalah software yang harus didownload, bukan browser-based. Jadi setiap orang yang mau hadir harus download terlebih dahulu dan menginstallnya di perangkat mereka. 

Terkadang orang yang diundang akan jadi malas utk daftar karena harus download dan instal. 

Jadi mungkin kelak GotoWebinar akan mengeluarkan versi browser-based-nya.

GotoWebinar Pricing - Harga GotoWebinar

GotoWebinar memiliki 4 paket berbayar. Berikut ini detailnya jika Anda membayar sekaligus untuk setahun.

  • Paket Lite  - maksimal 100 hadirin, $588/tahun (jatuhnya jadi $49/bulan)
  • Paket Standard - maksimal 250 hadirin - $1188/tahun (jatuhnya jadi $99/bulan)
  • Paket Pro - maksimal 500 hadirin - $$2388/tahun (jatuhnya jadi $199/bulan)
  • Paket Enterprise - maksimal 3000 hadirin - $4788/tahun (jatuhnya jadi $399/bulan)

Sedangkan jika Anda membayar bulanan, berikut detailnya:

  • Paket Lite - $59/bulan
  • Paket Standard - $129/bulan
  • Paket Pro - $249/bulan
  • Paket Enterprise - $499/bulan

Jadi bahkan untuk jumlah hadirin besar, sampai 3000 misalnya, harga sekali pakai $499 masih sangat terjangkau untuk bisnis yang bisa membuat seminar untuk orang sebanyak itu.

Kapan Sebaiknya Anda Menggunakan GotoWebinar?

Saran saya, saat Anda sudah coba versi trialnya. Tersedia 7 hari trial untuk mencoba fitur-fiturnya. Dan saat lain adalah ketika Anda mau mengadakan webinar untuk lebih dari 50 orang tapi dibawah 100 dan Anda membutuhkan webinar software dengan harga yang masuk akal untuk kebutuhan tersebut.

Klik Disini Untuk Mencoba GotoWebinar Gratis

7. EasyWebinar

seminar online

EasyWebinar bukan pemain lama dalam dunia webinar software. EasyWebinar boleh dibilang adalah webinar software baru tapi menyimpan kemampuan yang patut diacungi jempol.

Misalnya, EasyWebinar pernah digunakan untuk menjalankan sebuah seminar online yang hadirinnya berjumlah 6 juta orang, dan tetap berjalan stabil tanpa gangguan.

Kalau dulu GotoWebinar bisa 3000 orang sekali jalan, jelas sekarang EasyWebinar melampauinya.

Namun demikian, meskipun punya kemampuan untuk menjalankan seminar online dalam jumlah besar, EasyWebinar kebanyakan digunakan untuk seminar dalam skala kecil.

Kebanyakan penggunanya adalah pengusaha individual, blogger, para profesional dan juga perusahaan kecil hingga menengah.

Kekurangan EasyWebinar

EasyWebinar bukan webinar software yang browser-based, jadi untuk menggunakannya harus mendownload dan menginstallnya terlebih dulu, butuh waktu dan upaya ekstra.

Jika ada undangan yang pada akhirnya malas mendownload dan instal, maka tidak soal seberapa menariknya seminar Anda, mereka tetap tidak akan datang ke seminar Anda karena mereka malas mendownloadnya apalagi menginstalnya.

Ini fakta, karena memang di era digital sekarang ini, orang lebih suka mengakses segalanya dengan sekali klik saja. Kalau harus download dan instal, ini bertentangan dengan kemudahan yang seharusnya didapat.

Untuk download dan install dibutuhkan waktu, bandwith, dan space di device mereka. Jadi dengan kata lain akan ada pengorbaanan dipihak hadirin sebelum bisa akses seminar online Anda.

Bukankah seharusnya hadirin diminimalkan tingkat pengorbanannya agar bisa mau datang dengan cepat dan mudah ke seminar online Anda?

Jadi jika Anda menggunakan EasyWebinar, patut diharapan bahwa registration rate Anda akan lebih kecil dibanding jika Anda menggunakan browser-based webinar software.

Tapi EasyWebinar tentunya juga memiliki kelebihan-kelebihan.

Kelebihan EasyWebinar

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat EasyWebinar lebih OK dan lebih optimal dibanding beberapa webinar software lainnya:

EasyWebinar memiliki berbagai marketing tool yang ampuh untuk menjaring penjualan.

EasyWebinar punya apa yang namanya automation tool. Tool ini berguna untuk membuat funnel pendaftaran secara otomatis dan dengan mudah dapat diintegrasikan ke third party software lainnya

Sama seperti WebinarJam, creator EasyWebinar paham pentingnya One Click Registration. Sayangnya one click registration hanya mungkin jika user telah download dan install EasyWebinar terlebih dulu

Selain di platform EasyWebinarnya sendiri, Anda juga bisa stream webinar di Youtube maupun Facebook.

Tersedia fitur limited timed offer. Ini sama dengan fitur active offer - dan disertai dengan countdown timer.

EasyWebinar didukung oleh teknologi TrueVoice yang dapat menghasilkan kualitas suara yang jernih dan bersih.

Dengan adanya kelebihan-kelebihan ini, Anda istilahnya mendapatkan layanan yang optimal dari sisi marketing dan teknis-nya.

EasyWebinar Pricing - Harga EasyWebinar

Paket berbayar termurah dari EasyWebinar namanya adalah paket Standard, harganya $78 jika Anda membayar bulanan

Kalau sekaligus per tahun Anda akan membayar hanya $59 per bulan dengan total bayar $708/tahun dan hanya bisa untuk maksimal 100 hadirin.

Untuk paket tengahnya, EasyWebinar punya paket Pro. Harga bulanannya adalah $129/bulan.

Untuk bisa lebih murah, Anda harus gunakan paket yang bayar langsung setahun, yaitu $1080, yang jatuh per bulannya menjadi $90.

Paket Pro bisa digunakan untuk melangsungkan seminar online dengan maksimal hadirin berjumlah 500 orang.

Paket EasyWebinar yang paling tinggi adalah paket Enterprise. Harganya cukup tinggi, yaitu $499/bulan jika bayar bulanan dan $4188 jika bayar tahunan (jatuhnya menjadi $349/bulan). Paket Enterprise bisa digunakan untuk menampung total hadirin berjumlah 2000 orang.

Seperti Anda lihat, harga webinar software memang bervariasi dan boleh dibilang tidak ada yang benar-benar murah.

Jika Anda memperhatikan baik-baik antara kelengkapan fitur-fiturnya dan harganya, Anda paham jika WebinarJam rata-rata lebih baik dari semua software webinar yang saya ulas disini.

EasyWebinar memang bagus, tapi dari sisi harga masih agak tinggi dan ia tidak browser-based.

Tapi Anda bisa mencoba sendiri EasyWebinar karena tersedia 14 hari trial gratis. Perlu diketahui bahwa tidak ada garansi uang kembali setelah Anda masuk ke paket yang berbayarnya.

8. BigMarker

software webinar

BigMarker adalah webinar software yang dibuat guna membantu perusahaan untuk meningkatkan bisnis dan mencapai lebih banyak customer atau klien lewat seminar online.

Untuk mengakomodasi ini, BigMarker menyediakan berbagai paket berbayar dan yang unik, tersedia juga paket berbayar while label.

White label artinya, perusahaan dapat menggunakan BigMarker tapi sama sekali menghilangkan brand BigMarker dan menggantinya dengan nama brand perusahaan.

Audience yang datang ke webinar yang diselenggerakan oleh perusahaan yang menggunakan sistem while label ini akan berpikir bahwa perusahaan tersebut betul-betul punya software webinar sendiri.

Ini jelas meningkatkkan prestise dan kredibilitas perusahaan tersebut mengingat membuat webinar software itu sangatlah sulit dan membutuhkan biaya yang tinggi.

Tapi kita tidak sedang membahas itu disini. Lewat ulasan ini saya akan share apa saja kelebihan BigMarker dan hal-hal yang perlu Anda ketahui jika memang Anda ingin mencobanya.

Fitur-Fitur BigMarker

Secara umum, BigMarker juga memiliki berbagai fitur yang dimiliki software webinar lainnya.

Tapi yang pasti, BigMarker memberi keleluasaan bagi pengguna untuk membuat berbagai macam jenis webinar, seperti webinar gratis atau berbayar, automated webinar, evergreen webinar dan bahkan webinar yang bisa diakses terus menerus selama 24 jam.

Intinya, dari sisi ini, BigMarker tidak perlu diragukan lagi.

BigMarker juga merupakan browser-based webinar software. Menggunakannya nyaman karena bisa diakses secara flexibel dari semua browser modern saat ini.

Dari sisi marketing tools-nya, BigMarker punya cukup banyak fitur.

Misalnya tersedia chat box, fitur pembuatan poll, ruang tanya jawab, automatic recording, pop up offer atau active offer, landing page builder dan tentu saja integrasi ke layanan third party khususnya email marketing dan CRM.

Tapi perlu diketahui, meskipun BigMarker punya fitur active offer seperti halnya WebinarJam, sayangnya pada active offer tersebut Anda tidak bisa ikut menampilkan coundtdown timer, padahal countdown timer inilah yang memberi kesan urgency dan scarcity kepada hadirin untuk segera membeli produk atau jasa Anda.

Untuk membeli produk yang Anda tawarkan, tentu akan mudah bagi hadirin untuk langsung membelinya dengan sekali klik dimana klik tersebut membawa mereka ke halaman pembayaran.

BigMarker kekurangan fitur ini, mungkin mereka masih meningkatkannya. Saat ini Anda hanya bisa memberi link ke halaman pembayaran atau kewebsite Anda.

Tapi jika Anda membuat webinar berbayar, yang mengharuskan orang utk bayar sebelum bisa masuk ke seminar online Anda, BigMarker bisa menyediakan sistem pembayaran.

BigMarker Pricing - Harga Paket BigMarker

Kalau melihat dari harga-nya, sudah jelas kalau BigMarker memang menargetkan perusahaan sebagai penggunannya.

Misalnya saja, paket termurah mereka yang hanya bisa menampung maksimal 100 hadirin, harganya $948/tahun.

Boleh dibilang ini harga yang keterlaluan khususnya jika dipandang dari sisi pebisnis kecil atau perusahaan kecil. Bayangkan, hampir $1000 hanya untuk 100 orang.

Coba bandingkan dengan WebinarJam. Paket Basic Webinar Jam yang bisa menampung maksimal 500 orang saja, harganya hanya $499/tahun.

Saya rasa perusahaan besar pun meskipun memiliki dana besar untuk investasi ke webinar software seperti BigMarker perlu benar-benar mempertimbangkan kemungkinan untuk menggunakan WebinarJam.

Coba Anda pikirkan misalnya sebuah perusahaan harus mengadakan seminar online untuk 1000 orang. Dengan BigMarker, perusahaan harus investasi ke paket termahal BigMarker yaitu Summit Plan, yang harganya adalah $3588/tahun.

Nah belakangan diketahui bahwa jumlah hadirin seminar online tersebut akan melebihi 1000 orang, taruhlah misalnya 2000 orang. Maka perusahaan tersebut harus keluarkan biaya 2x lipat, sekitar $7000.

Sekarang jika perusahan itu menggunakan WebinarJam, yang bisa menampung sampai 5000 orang, dan dengan harga hanya $999/tahun, bukanhkah ini penghematan besar-besaran?

Ya, saya rasa ini make sense untuk dipikirkan.

Kesimpulan Tentang BigMarker

Menurut saya, jika Anda bukan termasuk dalam perusahaan besar dengan budget marketing yang besar, BigMarker bukan untuk Anda.

Sebaliknya, Anda bisa gunakan WebinarJam atau WebinarNinja.

Dilain pihak, jika memang BigMarker telah menjadi pilihan perusahaan Anda, dan ada budget untuk itu, silakan gunakan, mengingat BigMarker merupakan salah satu webinar software yang terrbaik, khususnya utk perusahaan besar dengan budget besar.

BigMarker menyediakan 7 hari untuk coba secara gratis. Dan jika Anda lanjut dengan paket berbayarnya, tidak tersedia garansi uang kembali.

Jika belum terlalu yakin dengan kemampuan BigMarker, lebih baik membayar dengan pilihan bayar bulanan sehingga Anda bisa cancel dan tidak keburu keluar banyak uang jika ternyata tidak puas dengan layanannya.

Yang penting sekarang, manfaatkan dulu 7 hari gratis-nya.

9. Zoom Video Webinar

webinar platform

Kalau bicara tentang video conference maka kita akan bicara tentang Zoom.

Zoom sendiri adalah platform untuk meeting online, tapi salah satu tool-nya atau addon-nya adalah Zoom Webinar.

Zoom khususnya menjadi primadona pertemuan online sejak masa pandemi Coronavirus. Berikut statistik data penggunaan Zoom:

perangkat lunak webinar

Seperti Anda lihat, estimasi pengguna Zoom dari seluruh dunia pada saat saya menulis ini mencapai hampir 2 milyar orang, padahal pada Februari 2020 hanya sekitar 100 juta saja penggunannya.

Jadi boleh dikatakan bahwa saat ini Zoom menjadi platform meeting online nomor satu didunia.

Lalu bagaimana dengan kualitas webinar software-nya sendiri?

Kita akan bahas kelebihan dan kekurangan Zoom.

Kelebihan Zoom Webinar

Setelah menjadi sorotan berita karena aplikasi ini sering kena hack, Zoom kemudian meningkatkan keamanannya dengan menambah fitur-fitur baru, diantaranya adalah waiting room.

Jadi boleh dibilang bahwa saat ini Zoom sudah menjadi platform meeting online yang teraman untuk digunakan.

Sebagai webinar software, Zoom memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat halaman registrasi sendiri yang bisa dibranding dengan brand pribadi atau perusahaan Anda, dengan demikian halaman pendaftaran seminar online Anda menjadi lebih profesional. 

Zoom juga stabil digunakan. Satu-satunya hal yang bisa menghambat jalannya Zoom saat seminar online adalah sinyal itu sendiri. Jadi jika Anda bisa memastikan bahwa jaringan Anda bagus, maka seharusnya tidak akan ada kendala teknis selama webinar Zoom berlangsung.

Integrasi dengan layanan software lainnya seperti software CRM dan email marketing juga bisa dengan mudah dilakukan melalui koneksi API.

Zoom juga menyajikan webinar dalam video HD dan kualitas audio tinggi.

Dengan Zoom, Anda dapat membuat apa yang namanya recurring webinar atau evergreen webinar. Ini adalah webinar yang seolah-olah diadakan live padahal itu sebenarnya adalah rekaman. Dengan cara ini Anda dapat gunakan seminar online yang sama untuk mempromosikan produk/jasa Anda kepada setiap calon customer/klien baru.

Agar presenter bisa fokus dan tidak teralihkan perhatiannya oleh suara-suara yang mengganggu, tersedia fitur untuk mute dan unmute semua hadirin. Hasilnya, hanya presenter yang berbicara. Di sisi lain, semua hadirin pun jadi bisa fokus mendengarkan dan tidak terganggu oleh suara-suara hadirin lainnya.

Selain di Zoom software-nya sendiri, Anda bisa live stream webinar melalui Facebook Live dan Youtube Live. Sedangkan jika Anda mau live stream di platform lainnya, tim support Zoom akan membantu Anda mengintegrasikannya.

Tersedia fitur analytic yang menyediakan data secara mendalam. Fitur analytic ini bisa merekam tindakan-tindakan yang dilakukan hadirin selama seminar online berlangsung dan juga mencatat hasil poll, survey, hasil tanya jawab selama sesi seminar. Data-data ini berguna agar Anda bisa membuat seminar online berikutnya menjadi lebih baik.

Zoom juga terintegrasi dengan beberapa payment gateway terkenal seperti Paypal, Eventbrite, dan cVent. Artinya, Anda bisa menyediakan metode pembayaran langsung kepada hadirin yang ingin membeli produk yang Anda tawarkan melalui seminar tersebut.

Layanan support dari Zoom sendiri mencakup layanan setting untuk even-even besar. Jadi jika perusahaan Anda mau membuat webinar dengan hadirin besar dan tim Anda tidak terlalu berpengalaman dalam hal ini, maka tim support dari Zoom akan membantu Anda.

Kekurangan Zoom

Zoom pada awalnya dibuat untuk mengakomodasi pertemuan online saja. Dan dalam perkembangannya, Zoom juga mulai menyediakan webinar software.

Jadi fokus utama Zoom sebenarnya bukan webinar software. Berangkat dari fakta ini, tidak mengherankan jika fitur marketing dalam Zoom Webinar masih sangat minim.

Zoom adalah contoh webinar software yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak, bukan oleh pemasar online seperti halnya WebinarJam dan WebinarNinja.

Itu sebabnya fasilitas tool marketing di Zoom Webinar masih sangat kurang.

Zoom juga merupakan software yang harus didownload dan instal. Meski melakukannya tidak terlalu sulit, akan ada saja calon hadirin yang malas melakukannya.

Tapi ini seharusnya ini bukan kendala lagi karena saat ini paling tidak orang-orang telah download Zoom mengingat Zoom telah menjadi aplikasi yang sehari-hari digunakan sejak adanya pandemi.

Zoom Pricing - Harga Paket Webinar Zoom

Zoom Webinar tidak tersedia dalam versi trial. Tapi kalau mau mencobanya, Anda bisa request demo.

Yang agak kurang enak dari harga Zoom Video Webinar adalah karena Zoom mengharuskan untuk kita membeli dulu Zoom Meeting-nya dan menambah Webinar sebagai Addon.

Jadi seperti ini: Harga Zoom Meeting yang standar, yaitu paket Pro adalah $14.99 per bulan.

Harga Webinar sebagai addon adalah $40 per bulan untuk 100 hadirin.

Jadi untuk membuat seminar online dengan 100 orang hadirin menggunakan Zoom Webinar, dibutuhkan biaya $54.99/bulan ($14.99+$40).

Berikut ini breakdown harga-harganya

Harga Bulanan Paket Pro + addon Webinar


  • 100 hadirin - $54.99/bln
  • 500 hadirin - $154.99/bln
  • 1000 hadirin - $354.99/bln
  • 3000 hadirin - $1004.99/bln
  • 5000 hadirin - $2504.99/bln
  • 10000 hadirin - $6504.99/bln


Harga Bulanan Paket Business + addon Webinar


  • 100 hadirin - $239.90/bln
  • 500 hadirin - $1339.90/bln
  • 1000 hadirin - $539.90/bln
  • 3000 hadirin - $1189.99/bln
  • 5000 hadirin - $2689.99/bln
  • 10000 hadirin - $6689.99/bln

Untuk harga tahunannya, berikut detailnya:

Harga Tahunan Paket Pro + addon Webinar


  • 100 hadirin - $549.90/bln
  • 500 hadirin - $1549.90/bln
  • 1000 hadirin - $3549.90/bln
  • 3000 hadirin - $10049.90/bln
  • 5000 hadirin - $25049.90/bln
  • 10000 hadirin - $65049.90/bln


Harga Tahunan Paket Business + addon Webinar


  • 100 hadirin - $2399.00/bln
  • 500 hadirin - $3339.00/bln
  • 1000 hadirin - $5399.00/bln
  • 3000 hadirin - $11899.00/bln
  • 5000 hadirin - $26899.00/bln
  • 10000 hadirin - $66899.00/bln

Paket Education - untuk 300 hadirin - $1800/tahun

Zoom juga mencoba menawarkan flexibilitas harga seperti kombinasi pembayaran bulanan dan tahunan.

Misalnya, Anda bisa membayar Zoom Meeting secara tahunan tapi addon Webinarnya secara bulanan, demikian juga sebaliknya.

Flexibilitas ini yang membuat harga Zoom bisa lebih terjangkau.

Mungkin Anda bingung dengan harga-harganya? Anda bisa simulasi harga-harga Zoom dengan klik disini.

Kesimpulan Tentang Zoom Webinar

Betul memang Zoom merupakan platform pertemuan online nomor satu, tapi Zoom sebagai webinar software tidak demikian halnya.

Pada kenyataannya, seperti saya jelaskan diatas, Zoom Webinar belum lengkap dari sisi tools marketingnya, padahal yang menjadi alat utama untuk menjual produk atau jasa lewat seminar online adalah tools marketing dari webinar software itu sendiri.

Harga Zoom Webinar juga boleh dibilang tidak terlalu murah. 

Kembali lagi ke WebinarJam, untuk hadirin 500 orang, WebinarJam hanya $499/tahun dan untuk 5000 hadirin hanya $999/tahun. Harga yang jauh dibawah Zoom Webinar padahal WebinarJam punya fitur yang jauh lebih lengkap.

Jadi saran saya adalah, jika memang Anda ingin memandu suatu meeting online atau seminar online lebih dari 5000 orang, saat itulah baru Anda gunakan Zoom Webinar.

Tapi perlu pastikan juga bahwa bukan hanya kemudahan penggunaan yang Anda cari dari sebuat webinar software, tapi juga kinerja-nya dalam menyampaikan produk Anda dari sisi marketingnya.

Secara keseluruhan, Zoom adalah produk yang sangat bagus dan kalau boleh jujur, saat ini karena adanya pandemi, kita sangat terbiasa dengan penggunaan Zoom.

Ini juga merupakan nilai lebih dari Zoom jika digunakan sebagai webinar software. Orang akan mudah mengkases seminar online lewat Zoom Webinar karena memang kemungkinan besar software Zoom sudah terpasang di device mereka dan juga mereka sudah terbiasa menggunakannya.

Kesimpulan Tentang Webinar Software Terbaik

Setelah mengulas semua webinar software ini, saya mendapati bahwa tidak ada webinar software yang benar-benar ideal dari sisi marketing tool, teknis dan harganya.

Seperti Anda baca diatas, ada webinar software yang lengkap fitur marketingnya tapi tidak menyediakan pembayaran bulanan. Ada yang membatasi jumlah hadirinnya dalam jumlah yang terlalu sedikit tapi dibandroll dengan harga yang mahal, dan lain sebagainya.

Tapi dari semua ini tentu ada yang terbaik bukan?

Kalau ditinjau dari sisi tool marketing dan teknologinya, sebenarnya WebinarJam berada diatas semua webinar software lainnya.

Dan dari sisi harga, boleh dibilang WebinarJam juga sangat terjangkau baik oleh individu dan perusahaan.

Jadi saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan WebinarJam sebagai solusi seminar online Anda atau perusahaan Anda.

Kepada pembaca blog Konversia Digital, WebinarJam menyediakan 14 hari trial hanya dengan $1 saja. 

Manfaatkan kesempatan ini dan gunakan WebinarJam untuk keuntungan bisnis Anda.

Suka Dengan Konten Seperti Diatas? 

Gabung Dengan Newsletter Gratis Kami Untuk Mendapatkan Notifikasi Saat Kami Mempublikasikan Informasi Serupa dan Trik Pemasaran Online Lainnya